Selasa 16 Mar 2021 06:53 WIB

Mengenal Kitab Rujukan Ulama Timteng Karya Dai Indonesia

Kitab karya Ustaz Ahmad Kusyairi Suhail ini membahas tentang ilmu Alquran dan tafsir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Hasanul Rizqa
Kitab karya Ustaz Dr Ahmad Kusyairi Suhail MA.
Foto:

.

Karena itu, dalam menafsirkan Alquran, harus memperhatikan dan memiliki perangkat-perangkat untuk bisa menafsirkan Alquran dengan baik dan benar. Sebab, ini berhubungan dengan Kitab Suci, Kalam Illahi, yang memliki dampak signifikan terhadap pemikiran, sikap dan perilaku seseorang.

Menurut pimpinan Pesantren Yayasan Perguruan Islam Darul Hikmah (Yapidh) Bekasi ini, Alquran tidak akan dapat berfungsi maksimal menjadi petunjuk atau pedoman hidup jika dipahami dan ditafsirkan secara sembarangan.

"Apa yang ditulis dalam kitab ini penting, menjadi semacam pagar yang menjaga orisinalitas dalam memahami Alquran. Sehingga nilai-nilai Alquran dapat membumi dengan benar. Meskipun, pada akhirnya syarat-syarat tersebut, dipandang oleh sebagian ulama, ada yang bersifat idealis dan ada yang minimalis," ujar Sekretaris Jenderal Ikatan Dai Indonesia tersebut.

Kitab Al-Mufassir telah meluluskan seorang mufti qadha' bernama Muzaffer Marangozuglu, di kota Nigde Turki, dengan menjadikan kitab ini sebagai obyek tulisan tesisnya berbahasa Turki untuk mengambil gelar magister di Igdir University Turki dengan judul tesis 'Studi Analisis Kitab Al Mufassir karya Ahmad Kusyairi Suhail', di bawah bimbingan Prof Dr Erdogan Pazarbasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement