Sabtu 06 Mar 2021 05:05 WIB

Makna Kata 'Amin' Saat Sholat dan Usai Berdoa

Bacaan 'amin' tidak terikat dengan kaidah bacaan ketika membaca Alquran.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Makna Kata Amin Saat Sholat dan Usai Berdoa.
Foto:

Mereka yang mengaminkan tapi tidak mengucapkan doa yang didengarnya, dinilai ikut berdoa. Ini dapat dipahami dari surat Yunus ayat 88-89 yang berbunyi:

وَقَالَ مُوْسٰى رَبَّنَآ اِنَّكَ اٰتَيْتَ فِرْعَوْنَ وَمَلَاَهٗ زِيْنَةً وَّاَمْوَالًا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۗ رَبَّنَا لِيُضِلُّوْا عَنْ سَبِيْلِكَ ۚرَبَّنَا اطْمِسْ عَلٰٓى اَمْوَالِهِمْ وَاشْدُدْ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُوْا حَتّٰى يَرَوُا الْعَذَابَ الْاَلِيْمَ

قَالَ قَدْ اُجِيْبَتْ دَّعْوَتُكُمَا فَاسْتَقِيْمَا وَلَا تَتَّبِعٰۤنِّ سَبِيْلَ الَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ

Wa qāla mụsā rabbanā innaka ātaita fir'auna wa mala`ahụ zīnataw wa amwālan fil-ḥayātid-dun-yā, rabbanā liyuḍillụ 'an sabīlik, rabbanaṭmis 'alā amwālihim wasydud 'alā qulụbihim fa lā yu`minụ ḥattā yarawul-'ażābal-alīm. āla qad ujībad da'watukumā fastaqīmā wa lā tattabi'ānni sabīlallażīna lā ya'lamụn.

“Dan Musa berkata, “Ya Tuhan kami, Engkau telah memberikan kepada Fir‘aun dan para pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Tuhan kami, (akibatnya) mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Mu. Ya Tuhan, binasakanlah harta mereka, dan kuncilah hati mereka, sehingga mereka tidak beriman sampai mereka melihat azab yang pedih. Dia Allah berfirman, “Sungguh, telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus dan jangan sekali-kali kamu mengikuti jalan orang yang tidak mengetahui.”

Dari kedua ayat di atas diuraikan Nabi Musa berdoa yang dinyatakan bahwa doa keduanya, yakni Musa dan Harun telah diterima Allah. Padahal yang berdoa hanyalah Nabi Musa AS sendiri.

Ini sepertinya disebabkan karena Nabi Harun yang tidak mengucapkan doa itu, tetapi karena dia menyetujui dan mengaminkan maka Allah pun menilai telah berdoa. Memang kata ulama “amin” yang diucapkan setelah berdoa mengandung arti “persetujuan dan keikutsertaan” dalam permohonan yang diajukan oleh mereka yang berdoa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement