Rabu 03 Mar 2021 00:30 WIB

Pesan Abadi 3 Ayat Terakhir Surat Al-Munafiqun

Surat Al-Munafiqun memberikan peringatan dan nasihat untuk Muslim

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Al-Munafiqun memberikan peringatan dan nasihat untuk Muslim. Ilustrasi Alquran
Foto:

Allah SWT juga menyeru pada orang yang beriman agar jangan sampai anak keturunan melalaikan diri dari mengingat Allah. Sebab menurut Ustadz Ali, anak kerap dijadikan alasan bagi seseorang sehingga lupa terhadap kewajibannya sebagai hamba Allah.

Allah mengingatkan orang-orang beriman agar jangan sampai lupa berzikir. Sebab menurut Ustadz Shamsi Ali orang-orang yang kehilangan zikrullah maka kehidupannya akan rusak.   

Sementara berzikir bukan sekadar melafazkan kalimat-kalimat thayyibah yang memuji dan mengagungkan Allah, melainkan yang tak kalah penting menurut Ustaz Shamsi adalah menemukan esensi zikir dalam hati yang kemudian berpengaruh terhadap amal perbuatan. 

Orang-orang yang tak menghiasi hari-harinya dengan zikir maka kehidupannya menjadi semerawut dan merugi. Selain itu orang yang tak pernah berzikir juga hatinya akan menjadi mati dan tidak mendapatkan ketenangan. 

Kondisi seperti inilah, yang menurut Ustaz Shamsi Ali, yang tengah terjadi di negara-negara Barat. Meski mengalami kemajuan hebat dalam berbagai hal namun masyarakatnya mengalami batin yang mati dan kehampaan dalam hidup.  

Pada ayat kesepuluh surat al-Munafiqun Allah menyeru agar menginfakan sebagian harta benda sebelum datangnya kematian. 

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" 

Ustadz Shamsi menjelaskan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement