Selasa 02 Feb 2021 16:56 WIB

9 Ciri-Ciri Suami yang Baik untuk Istri, Termasukkah Anda?

Terdapat ciri-ciri suami yang baik bagi istri menurut ajaran Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat ciri-ciri suami yang baik bagi istri menurut ajaran Islam. Ilustrasi suami isri
Foto:

4. Mudah memaafkan kesalahan istri 

Tidak ada manusia yang sempurna begitu juga seorang istri. Sebagai seorang suami hendaknya untuk bertoleransi jika kesalahan yang dilakukan istri adalah kesalahan kecil. Mungkin saja di balik kekurangan istri, dia memiliki kelebihan di hal lain. Inilah yang perlu diperhatian.

5. Tidak menyakiti istri

Islam melarang untuk melakukan kekerasan kepada istri meski tidak taat sekalipun. Bentuk kekerasan ini termasuk melecehkan, menghina, mempermalukan, memukul bahkan membunuhnya. Ketika istri berbuat salah hendaknya suami memilih untuk menasihatinya dengan santun dan lembut.

6. Menjadi teman bicara

Pasangan suami istri tidak hanya memiliki keterikatan untuk memenuhi hak dan kewajiban. Seorang suami yang baik bisa menjadi sahabat istrinya. Istri dapat mencurahkan isi hati kepada suami dan juga saling bertukar pendapat.

7. Mengizinkan istri untuk keluar rumah 

Seorang suami hendaknya tidak mempersulit istri. Ketika istri membutuhkan izin untuk pergi misal untuk memenuhi kebutuhan keluarga hendaknya suami mengizinkannya. 

8. Mengizinkan istri mempercantik diri

Istri yang bersolek merupakan hak suami. Sehingga seorang suami hendaknya mengizinkan istri untuk mempercantik penampilannya yang manfaatnya kembali kepada suami.

9. Mengizinkan untuk mendapat hiburan

Suami hendaknya mengizinkan istri untuk bersenang-senang sesuai dengan batasan agama. Seperti halnya yang dilakukan Rasulullah yang mengizinkan Aisyah melihat sebuah permainan di masjid. Hadits riwayat Bukhari, 

يلعبونَ بِحِرابِهم فَسَتَرنِي رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ وأنَا أنْظُرُ، فمَا زِلْتُ أنظرُ حتَّى كنْتُ أنا أَنْصَرِفُ، فاقْدُروا قدْرَ الجَارِيَةِ الحديثةِ السِّنَّ تسْمَعُ اللهْوَ

“Aisyah berkata, pada suatu hari aku penah melihat Rasulullah berdiri di pintu rumahku sedangkan budak-budak Habasyah sedang bermain di dalam Masjid. Rasulullah menutupiku dengan kain selendangnya saat aku menyaksikan permainan mereka.

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement