Senin 11 Jan 2021 09:32 WIB

Penuturan Aisyah Soal Keseharian Nabi Muhammad SAW di Rumah

Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan selama di rumah

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan selama di rumah Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Ustadz Zarkasih menuturkan, hadits tersebut juga memberikan gambaran yang sangat jelas bahwa Nabi adalah pribadi yang tidak pemarah dan tidak suka menyulitkan orang lain, terlebih lagi itu adalah istrinya. 

Padahal pada potongan hadits pertama, Nabi SAW pada posisi yang sangat layak kalau ia marah kepada istrinya yang tidak menyiapkan hidangan selepas Nabi berkegiatan di luar dan pulang ingin istirahat.

Alih-alih mendapat sajian makan pelepas dahaga dan penat, justru Sayyidah Aisyah tidak menyiapkan itu. Namun, respons Nabi SAW bukan marah justru malah memilih ibadah puasa. 

Begitu juga di potongan kedua, ketika beliau sejak pagi sudah berpuasa dan ternyata di rumah Sayyidah Aisyah ada hidangan yang tersaji dari hadiah tetangganya. 

Agar tidak mengecewakan pemberi hadiah dan juga tidak membuat usaha Sayyidah Aisyah yang telah menyiapkan sajian sia-sia, beliau lalu membatalkan puasa sunnahnya tersebut dan memilih untuk makan. Padahal jika pun beliau ingin meneruskan puasa dan menolak sajian tersebut, itu tidak masalah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement