Senin 04 Jan 2021 19:04 WIB

Zubaidah, Perempuan di Balik Suksesnya Dinasti Abbasiyah

Zubaidah sangat mencintai ilmu pengetahuan dan dermawan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Zubaidah, Perempuan di Balik Suksesnya Dinasti Abassiyah.
Foto:

Kesuksesan kepemimpinan Harun ar-Rasyid tak terlepas dari sosok Zubaidah, sang istri yang berada di balik kebijakan-kebijakan pemerintahannya. Zubaidah merupakan seorang ibu negara yang sangat cakap membantu tugas-tugas suaminya.

Dia tak segan berbagi tugas dengan suaminya ketika suaminya hendak keluar kota untuk melakukan ekspansi pemerintahan. Zubaidah juga terkenal sebagai seorang ulama, ahli fikih, dan ahli ibadah.

Konon, dia mempunyai pelayan perempuan yang hafal Alquran. Mereka setiap hari secara bergiliran melakukan sema’an Alquran di istana.

Zubaidah sering mengusulkan dan mendorong suaminya membangun sarana dan fasilitas pendidikan, gedung kesenian, serta mendirikan perpustakaan. Perpustakaan itu kemudian diberi nama Baitul Hikmah atau Rumah Kebijaksanaan yang berfungsi sebagai tempat menghimpun buku dan karya ilmu pengetahuan dari penjuru dunia.

Selain itu, ia juga meminta suaminya mendirikan Majelis al-Mudzakarah, yakni lembaga pengkajian masalah keagamaan yang diselenggarakan di rumah, masjid, dan istana kerajaannya. Selain kecerdasannya, sifat dermawan Zubaidah pun membuat orang-orang menyukainya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement