Selasa 13 Oct 2020 23:22 WIB

Hadits Taat Pemerintah Meski Punggungmu Dicambuk Benarkah?  

Terdapat hadits yang disalahgunkan untuk taat buta pemerintah.

 Terdapat hadits yang disalahgunkan untuk taat buta pemerintah. Ilustrasi
Foto:

Kesimpulan ini diperkuat lagi kenyataan bahwa tambahan ini tidak terdapat dalam Shahih Bukhari yang juga meriwayatkan hadits Hudzaifah ini, meskipun dengan redaksi yang agak berbeda.  

Ketiga, para ulama yang menerima kesahihan hadits ini menjelaskan bahwa hadits ini berbicara dalam konteks ketika umat dipimpin oleh seorang khalifah yang sah. Ketika itu, seorang muslim memang dianjurkan untuk bersabar terhadap kezaliman sang khalifah demi menjaga keutuhan umat. Mari simak penjelasan Imam Ibnu Hazm dalam kitabnya al-Fishal:

أما أمره صلى الله عليه وسلم بالصبر على أخذ المال وضرب الظهر فإنما ذلك بلا شك إذا تولى الإمام ذلك بحق، وهذا ما لا شك فيه أنه فرض علينا الصبر له، وإن امتنع من ذلك بل من ضرب رقبته إن وجب عليه فهو فاسق عاص لله تعالى، وأما إن كان ذلك بباطل فمعاذ الله أن يأمر رسول الله صلى الله عليه وسلم بالصبر على ذلك، برهان هذا قول الله عز وجل: {وتعاونوا على البر والتقوى ولا تعاونوا على الإثم والعدوان}, وقد علمنا أن كلام رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يخالف كلام ربه تعالى، قال الله عز وجل: {وما ينطق عن الهوى أن هو إلا وحي يوحى} وقال تعالى: {ولو كان من عند غير الله لوجدوا فيه اختلافًا كثيرًا} فصح أن كل ما قاله رسول الله صلى الله عليه وسلم فهو وحي من عند الله عز وجل، ولا اختلاف فيه ولا تعارض ولا تناقض، فإذا كان هذا كذلك فيقين لا شك فيه يدري كل مسلم أن أخذ مال مسلم أو ذمي بغير حق وضرب ظهره بغير حق إثم وعدوان وحرام؛ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن دماءكم وأموالكم وأعراضكم حرام عليكم" فإذ لا شك في هذا ولا اختلاف من أحد من المسلمين، فالمُسْلِم ماله للأخذ ظلمًا، وظهره للضرب ظلمًا، وهو يقدر على الامتناع من ذلك بأي وجه أمكنه، معاون لظالمه على الإثم والعدوان، وهذا حرام بنص القرآن 

“Adapun perintah Nabi صلى الله عليه وسلم untuk bersabar ketika harta dirampas dan punggung dicambuk, jelas ini berlaku dalam konteks ketika ada imam (khalifah) yang memimpin melalui jalur yang benar. Tentu, dalam hal ini, kita wajib bersabar. Bahkan kalau ada orang yang enggan untuk dipukul, sementara ia memang layak dipukul, maka sesungguhnya ia adalah seorang yang fasik dan bermaksiat kepada Allah سبحانه وتعالى  

Adapun kalau hal itu dilakukan secara batil, maka tidak mungkin Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan kita untuk bersabar terhadap hal itu. Dasarnya adalah firman Allah: “Tolong-menolonglah dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.” 

Dan kita tahu bahwa sabda Rasulullah tidak mungkin bertentangan dengan firman Allah سبحانه وتعالى. Allah berfirman: “Tidaklah ia (Muhammad) berbicara berdasarkan hawanya. Yang ia bicarakan, tidak lain, adalah wahyu yang diwahyukan kepadanya.”

 

Allah سبحانه وتعالى juga berfirman, “Kalau seandainya Alquran itu datang dari selain Allah tentu mereka akan menemukan pertentangan yang sangat banyak di dalamnya.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement