Selasa 16 Jun 2020 08:35 WIB

Perbedaan Iftitah pada Sholat Fardhu dan Sunnah

Berdasarkan hadits, terdapat tiga macam doa iftitah untuk sholat.

Perbedaan Iftitah pada Sholat Fardu dan Sunnah. Tenang dan khusuk ketika sholat (ilustrasi)
Foto:

Selain itu, terdapat hadis lain yang menjelaskan tentang doa iftitah sebagai berikut,

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ قَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ الْقَائِلُ كَلِمَةَ كَذَا وَكَذَا قَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ أَنَا يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ عَجِبْتُ لَهَا فُتِحَتْ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ قَالَ ابْنُ عُمَرَ فَمَا تَرَكْتُهُنَّ مُنْذُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ذَلِكَ [رواه مسلم: 943].

Dari Ibnu Umar (diriwayatkan) dia berkata, ketika kami shalat bersama Rasulullah saw, tiba-tiba seseorang mengucapkan Allahu akbar kabiraa wal-hamdu lil-laahi katsiiraa wa subhaanal-laahi bukratan wa ashiilan (Maha Besar Allah, dan segala puji bagi Allah, pujian yang banyak, dan Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang). Lantas Rasulullah saw bertanya, siapakah yang mengucapkan kalimat tadi? Seorang sahabat menjawab, saya wahai Rasulullah. Beliau bersabda, sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi, sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu. Kata Ibnu Umar, lalu saya tak pernah lagi meninggalkannya semenjak saya mendengar Rasulullah saw. bersabda demikian [HR. Muslim: 943].

Dengan mencermati hadis-hadis yang telah kami paparkan di atas terdapat tiga macam doa iftitah untuk shalat. Kami belum menemukan dalil yang khusus yang menunjukkan doa iftitah mana yang khusus untuk shalat fardu dan doa iftitah mana yang khusus untuk shalat sunah.

Pada tautan video youtube di atas juga tidak disebutkan dasarnya atau mungkin karena video tersebut sepertinya tidak utuh, ada bagian yang terpotong. Dengan demikian, baik dalam shalat fardu maupun shalat sunah, boleh memilih salah satu dari doa-doa iftitah di atas.

Wallahu a‘lam bish-shawab.

 

Sumber: https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/06/15/perbedaan-iftitah-pada-shalat-fardu-dan-shalat-sunah/

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement