Rabu 25 Mar 2020 16:12 WIB

Seperti Apa Penginapan di Jalur Sutra Tempo Dulu? (2)

Karavanserai dikenal sebagai salah satu penginapan di jalur sutra.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Seperti Apa Penginapan di Jalur Sutra Tempo Dulu?. Foto: Lukisan suasana perdagangan di Jalur Sutra.
Foto: Google.com
Seperti Apa Penginapan di Jalur Sutra Tempo Dulu?. Foto: Lukisan suasana perdagangan di Jalur Sutra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibnu Batutah dalam catatannya menulis, "Di setiap tempat antara Kairo dan Gaza, para pelancong turun. Di luar khan ada lubang air umum dan toko tempat ia dapat membeli apa yang ia butuhkan untuk dirinya sendiri dan binatang buasnya."

Yang kurang mendapat sorotan juga adalah, fakta bahwa Khan merupakan pusat perdagangan di kota-kota. Selama abad ke-15, ada lebih dari 300 Khan di Kairo. Di pusat-pusat perdagangan seperti Alexandria di Mesir dan Aleppo di Suriah, orang asing biasanya dapat menemukan seseorang yang dikelola dan dijalankan oleh orang-orang dari tanahnya sendiri, atau bahkan dari kotanya sendiri.

Baca Juga

Karavanserai dibangun dengan gaya internasional awal, dan sebagian besarnya sangat mirip dengan penampilan dan desain di negara-negara lain, seolah Anda sedang berada di Maroko atau India. Tampilan generik itu mungkin tidak kalah menghibur bagi para pelancong yang lelah dibandingkan dengan logo Holiday Inn hari ini.

Pengunjung akan mendekati tembok tinggi polos dan memasuki halaman persegi panjang melalui gerbang tunggal, tinggi dan cukup lebar. Memungkinkan unta melewatinya. Tepat di dalam gerbang, seorang penulis dapat menuliskan nama Anda, kota asal Anda, sifat barang-barang Anda dan jumlah ternak Anda. Banyak kompleks memiliki lantai dua untuk menampung pengunjung manusia. Sedangkan lantai dasar dipakai untuk menampung barang-barang rumah dan hewan.

Ventilasi yang baik, air yang mengalir, jamban yang bersih dan kamar pribadi adalah fasilitas yang dapat Anda miliki di Karavanserai atau Khan. Desain sederhana dan efisien ini terbukti tahan lama dan mudah beradaptasi selama berabad-abad. Ini merupakan perpaduan yang luar biasa antara Timur dan Barat.

Dalam epos Mesopotamia tentang Gilgames, yang disusun pada milenium ketiga SM, sang pahlawan melakukan perjalanan untuk mendapatkan ramuan keabadian. Sepanjang jalan, dia menemukan istirahat di sebuah penginapan. Epos ini adalah referensi tertulis pertama yang diketahui tentang tempat penginapan bagi para pelancong.

Namun, akar sejati Karavanserai, sebagai bagian dari sistem perdagangan yang terorganisasi, berasal dari abad kelima SM, ketika Kekaisaran Persia membangun jalan sepanjang 2.500 kilometer dari Sardis ke Susa. Panjang jalan ini menjadi panduan membangun rumah bagi para kafilah yang memandu hewan-hewannya.

Upaya membangun jalan ini membutuhkan pengorganisasian besar di tanah luas yang dipenuhi gunung, gurun, dan bandit. "Stasiun-stasiun kerajaan ada di sepanjang jalan, dan Karavanserai yang luar biasa, bebas dari bahaya," tulis Herodotus yang terkesan.

Di dunia Mediterania Yunani, penginapan yang disebut Pandoche tersebar luas. Pandoche adalah tempat yang beraneka ragam, kadang-kadang lebih dari sekadar kedai-kedai yang berantakan, dan sering dianggap sebagai tempat-tempat yang buruk. Namun pada abad-abad Bizantium berikutnya, orang-orang Kristen mulai melakukan ziarah ke seluruh kekaisaran itu, dan kualitas dan reputasi Pandoche berangsur membaik. Beberapa penginapan yang melayani peziarah memberi layanan gratis.

Dimulai pada abad ketujuh, Islam mengambil tradisi ini, dan kata 'funduq' Arab berakar pada Pandoche. Salah satu khalifah pada Dinasti Umayah, Umar bin Abdul Aziz pada 719 menginstruksikan gubernur Samarkand untuk membangun Karavanserai di seluruh wilayahnya.

Hal ini untuk menyediakan kamar gratis bagi para pelancong. Organisasi dan perlindungan seperti itu tidak hanya memfasilitasi aliran perdagangan, tetapi juga membantu para penguasa memungut pajak dan mengawasi orang asing.

Dalam arsitekturnya, Karavanserai pada abad pertengahan ini menggunakan desain benteng Romawi, istana Persia, dan rumah keluarga di Asia Tengah untuk menghasilkan tema desain universal pragmatis dan universal mereka. Bahan yang dipakai untuk membuat struktur adalah bahan-bahan lokal, seperti batu bata lumpur. Dibuat secara terbuka ke ke langit tetapi dilindungi oleh tembok tinggi.

Di dalam perkotaan juga terdapat Khan. Dinding-dinding Khan didesain memberi perlindungan dan peningkatan privasi. Beberapa Khan didesain dengan struktur bangunan yang rumit, hampir megah, dengan pilar berukir rumit dan halaman marmer. "Pedagang bisa menggunakannya, menyewa toko terdekat dan tinggal dalam waktu yang singkat atau panjang, dan Khan kebanyakan berlokasi di jantung kota," kata Katia Cytryn-Silverman, seorang arkeolog di Universitas Hebrew yang telah mempelajari Khans.

Salah satu Khan yang tertua dan paling dilestarikan terletak di pusat Resafa yang ditinggalkan di Suriah tengah. Sulit untuk membayangkan bahwa di tempat gurun terpencil ini dulunya ada dinding-dinding batu putih yang berkilauan di bawah sinar matahari, dibangun di atas ekonomi yang sebagian besar didasarkan pada wol lokal yang berharga. Khan mungkin berasal dari abad keenam, tetapi tidak ada catatan tertulis.

Belakangan, Resafa menjadi kota favorit di bawah Dinasti Umayyah dan Khan menjadi pusat ekonomi kota saat itu. Tetapi pada abad ke-13, bangsa Mongol menghancurkan Resafa pada perjalanan ke barat mereka, dan apa yang telah hancur tidak pernah dibangun kembali.

Turis-turis kini melewati khan yang tidak bertubuh, setengah terkubur dalam reruntuhannya sendiri. Namun karavan rendah tersampir ini, di jalan utama Resafa, masih memancarkan udara yang baik, seolah-olah ada unta yang mondar-mandir di jalan membawa wol halus ke Konstantinopel atau Damaskus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement