Selasa 16 Apr 2024 04:01 WIB

Cara Menghormati Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menganjurkan setiap orang untuk melaksanakan sholat tahiyatul masjid.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat.
Foto:

Adapun Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu berkata:

جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ, فَجَلَسَ. فَقَالَ لَهُ: يَا سُلَيْكُ قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا! ثُمَّ قَالَ: إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا

Sulaik Al-Ghathafani datang pada hari Jum’at, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berkhutbah, dia pun duduk. Maka beliau langsung bertanya padanya, “Wahai Sulaik, bangun dan sholatlah dua rakaat, kerjakanlah dengan ringan.” Kemudian beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka hendaklah dia sholat dua rakaat, dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan. (HR. Al-Bukhari no. 49 dan Muslim no. 875).

 

Oleh karena itu, sholat sunnah tahiyatul masjid adalah suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan melaksanakan sholat ini, seorang Muslim dapat mendapatkan pahala yang besar, membersihkan hati dan pikiran, menunjukkan rasa hormat terhadap tempat ibadah, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement