Jumat 01 Mar 2024 01:11 WIB

7 Manfaat Sholat Dhuha, Salah Satunya Melancarkan Rezeki

Manfaat sholat dhuha tidak hanya dirasakan di akhirat, tapi juga di dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat Dhuha
Foto:

3. Keuntungan yang besar

Dikisahkan, Rasulullah SAW mengutus pasukan muslim berperang melawan musuh Allah. Akhirnya, mereka memperoleh kemenangan yang gemilang dan mendapatkan harta rampasan yang melimpah.

Orang-orang pun ramai membicarakan singkatnya peperangan mereka dan banyaknya harta rampasan perang yang mereka peroleh. Kemudian, Rasulullah menjelaskan ada yang lebih utama dan lebih baik dari mudahnya kemenangan dan harta rampasan yang banyak, yaitu sholat dhuha.

"Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash, ia berkata, 'Rasulullah SAW mengirim pasukan perang. Lalu, pasukan itu mendapatkan harta rampasan perang yang banyak dan cepat kembali (dari medan perang). Orang-orang pun (ramai) memperbincangkan cepat selesainya perang, banyaknya harta rampasan, dan cepat kembalinya mereka. Maka, Rasulullah SAW bersabda, Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan cepatnya kembali (dari medan perang)? (Yaitu) orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat sunah Dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan lebih cepat kembalinya." (HR Ahmad).

“Barang siapa sholat dhuha 2 rakaat, ia tidak akan termasuk golongan pelupa atau lalai. Barangsiapa sholat dhuha 4 rakaat, akan dimasukkan kepada golongan orang-orang yang taubat (kembali kepada Allah). Barang siapa sholat dhuha 6 rakaat, akan dicukupi kebutuhannya hari itu. Barang siapa sholat dhuha 8 rakaat, termasuk golongan hamba-hamba yang patuh, dan barang siapa sholat dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangun baginya rumah di surga” (HR tabrani dari abu Darda).

4. Dicukupi kebutuhan hidupnya

Orang yang gemar melaksanakan sholat Dhuha karena Allah, akan diberikan kelapangan rezeki oleh Allah. Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadits Qudsi dari Abu Darda' bahwa Allah berfirman:

"Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi).

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement