Jumat 01 Mar 2024 01:11 WIB

7 Manfaat Sholat Dhuha, Salah Satunya Melancarkan Rezeki

Manfaat sholat dhuha tidak hanya dirasakan di akhirat, tapi juga di dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat Dhuha
Foto:

5. Pahala haji dan umroh

Orang yang sholat Shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit kemudian sholat Dhuha, maka pahalanya seperti pahala haji dan umroh. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang sholat Shubuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (HR Tirmidzi).

6. Diampuni semua dosanya walau sebanyak buih di laut

Allah akan mengampuni dosa orang yang membiasakan sholat Dhuha, walau dosanya sebanyak buih di laut. Sebagaimana disebut dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang menjaga sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

7. Istana di surga

Allah akan membangun istana di surga bagi orang yang gemar shalat Dhuha. Rasulullah SAW menegaskan dalam hadits dari Anas bin Malik:

"Barangsiapa sholat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Demikian beberapa nash hadits (dalil hadits) yang secara gamblang menyebutkan banyaknya manfaat dari sholat Dhuha jika kita rajin melakukannya setiap hari. Sebuah motivasi bagi kita agar lebih perhatian dan membiasakan sholat Dhuha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement