Rabu 14 Feb 2024 00:33 WIB

Mungkinkah Rezeki Berlimpah tanpa Sedekah?

Bersedekah sama saja berdagang dengan Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah beristirahat di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Foto:

Dalam hadits lain, yang juga diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata, 'Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa saja yang menafkahkan hartanya', dan sedangkan (malaikat) yang satunya lagi berkata, 'Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).'" (HR. Bukhari)

Bersedekah sama saja berdagang dengan Allah SWT dan berdagang dengan-Nya tidak mungkin rugi, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi." (QS. Fatir ayat 29)

Kunci rezeki melimpah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement