Jumat 22 Dec 2023 21:03 WIB

Soal Pilihan Capres-Cawapres, Ingat Pesan Nabi Muhammad SAW Soal Persaudaraan

Sedekah yang paling baik adalah mendamaikan perselisihan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana jelang debat Calon Wakil Presiden 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). Sejumlah relawan dari pasangan capres dan cawapres mulai memadati area JCC, selain itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 2.464 personel untuk mengamankan berlangsungnya debat cawapres. Debat kedua ini mengangkat tema Ekonomi Kerakyatan dan Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.
Foto:

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis dan akan diampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali dua orang laki-laki yang memusuhi saudaranya. Maka dikatakan, 'Tangguhkan amal kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan amal kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan amal kedua orang ini, sampai keduanya berdamai.'" (HR Muslim).

Bahkan, mendamaikan dua pihak yang berselisih itu merupakan bentuk sedekah. Diriwayatkan dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah yang paling baik adalah mendamaikan perselisihan." (HR Thabrani dan Al Bazzar).

Mantan Mufti Mesir Syekh Ali Jum'ah menjelaskan, ketenangan dan ketentraman di antara manusia adalah sesuatu yang membuat seorang hamba ada dalam rahmat Allah SWT, dan keridhaan-Nya.

"Allah SWT mengabulkan (doa) Anda, menolong Anda, menghilangkan kecemasan Anda, dan membuat Anda lapang dada. Maka terangilah hati, mintalah ampunan kepada Allah SWT dan tutupilah aib Anda," tuturnya.

"Namun, jika Anda menerima kerusakan tersebut, di antara kamu dan saudaramu, maka Anda diabaikan Allah SWT. Permintaan Anda akan ditunda sampai kemudian bertobat dan mendamaikan apa yang ada di antara kamu dan saudaramu. Dan ini adalah perintah Rasulullah SAW kepada kita," tambahnya.

sumber : Elbalad
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement