Kamis 21 Dec 2023 22:21 WIB

5 Fakta Menarik Seputar Sholat Subuh dalam Islam 

Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi), Sholat subuh mempunyai sejumlah keutamaan

Mengingat besarnya keberkahan pada waktu pagi, umat Islam hendaknya tidak membiasakan tidur setelah shalat Subuh. Rasulullah SAW biasanya tidak beranjak dari tempat duduknya setelah shalat shubuh hingga terbit matahari. 

Setelah matahari terbit, barulah Rasulullah SAW berdiri meninggalkan tempat shalat beliau. Jadi, sangat dianjurkan untuk berdzikir setelah Subuh dan tetap duduk di tempat shalat jika tidak memiliki halangan. 

4. Mendapatkan Jaminan dari Allah 

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, di mana Rasulullah SAW bersabda: 

مَن صَلَّى الصُّبحَ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ ، فَلا يَطلُبَنَّكُمُ اللَّهُ مِن ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَيُدرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ 

"Barang siapa yang melaksanakan sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR Muslim) 

Maka, sudah sepatutnya umat Islam untuk senantiasa melaksanakan Subuh dengan ikhlas, sebab Allah menjamin keselamatan dan perlindungan dari berbagai jenis keburukan atau kejahatan bagi orang-orang yang senantiasa menjaga sholatnya. 

Baca juga: Ditanya Kristen Mengapa tak Lakukan Pembantaian di Yerusalem, Ini Jawaban Salahuddin

5. Mendapat pahala seperti haji 

Hal ini sebagaimana keterangan dari Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ 

“Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR Tirmidzi). 

Dengan besarnya ganjaran pahala yang didapatkan, maka sudah sepatutnya umat Islam melaksanakan sholat Subuh dengan sebaik-baiknya. 

photo
Sholat subuh (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement