Ahad 24 Mar 2024 21:05 WIB

7 Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah yang tidak Dimiliki Sholat Fardhu Lain

Allah mengetahui waktu Subuh adalah waktu yang sulit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang jamaah Muslim menghadiri sholat subuh di sebuah masjid, di Rawalpindi, Pakistan. Selasa, 21 April 2020.
Foto: AP /Anjum Naveed
Seorang jamaah Muslim menghadiri sholat subuh di sebuah masjid, di Rawalpindi, Pakistan. Selasa, 21 April 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah mengetahui waktu Subuh adalah waktu yang sulit. Jika seorang Muslim dibiarkan begitu saja, tentu ia akan memilih mengistirahatkan badannya dan meninggalkan sholat Subuh. Oleh karena itu, Dia memberikan banyak keistimewaan atas sholat subuh yang tidak dimiliki oleh sholat fardhu lainnya.

Keistimewaan tersebut akan mendorong setiap Mukmin yang jujur untuk konsekuen melaksanakan sholat Subuh berjamaah sekuat tenaga. la rela mengorbankan apa saja yang dimiliki untuk mendapatkan keistimewaannya, meskipun dengan merangkak.

Baca Juga

Seperti itulah yang dipahami dan diamalkan oleh para sahabat Nabi Muhammad. Seperti dikutip dari buku Berkah Sholat Subuh Berjamaah karya Fahrur Muis, kisah Umar bin Khathab dan Sulaiman bin Hatsmah ini menggambarkan bagaimana keberkahan di dalam sholat subuh.

Pada suatu Subuh, Umar tidak mendapati Sulaiman bin Hatsmah. Umar kemudian mendatangi rumah Sulaiman dan menanyakan kepada ibunya kenapa ia tidak kelihatan dalam sholat Subuh.

 

Ibunya menjawab bahwa Sulaiman sholat Tahajud lalu ia tertidur pada pagi harinya. Umar kemudian berkata, "Sungguh ikut serta dalam sholat Subuh berjamaah itu lebih baik bagi saya daripada sholat malam."

Berikut ini tujuh keberkahan sholat subuh berjamaah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement