Rabu 06 Dec 2023 08:29 WIB

Bikin Ciut Nyali Musuh, Bibi Nabi Muhammad Gagalkan Misi Intelijen Yahudi

Bahkan satu orang intelijen Yahudi tewas mengenaskan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

“Setelah si Yahudi dipastikan mati, Shafiyah binti Abdul Muthalib kemudian mengambil belati yang ada di sakunya, dan memutus kepala si Yahudi. Dari atas benteng, Shafiyah melemparkan kepala Yahudi itu kepada beberapa orang Yahudi yang telah menunggu di luar benteng yang siap menjelang muslimat. Melihat kepala temannya yang bersimbah darah, mereka kaget bukan main. Mereka balik arah, lari terbirit-birit,” (Lihat buku Dan ‘Arsy pun Berguncang karya Ahmad Husain Fahasbu, penerbit Diva Press Group pada 2022 halaman 25).

Yusuf Qardhawi dalam bukunya yang diterjemahkan Irfan Maulana Hakim dan Arif Munandar berjudul Fikih Jihad: Sebuah Karya Monumental tentang Jihad Menurut Al Quran dan Sunnah menjelaskan aksi Shafiyah itu membuat Hasan bin Tsabit sampai ketakutan hingga menjauh.

Setelah itu, Shafiyah mendesak Hasan bin Tsabit agar melemparkan kepala intelijen Yahudi itu keluar.

“Hasan menurut. Ketika orang Yahudi melihat teman mereka yang mengintai itu telah tewas, mereka takut dan berkata satu sama lain: ‘kita salah jika mengira Muhammad meninggalkan keluarganya sendirian tanpa pengawal,” (Lihat Saat Berkesan Bersama Rasulullah karya Abdul Aziz Asy Syinnawi, penerbit Gema Insani pada 2005 halaman 52).

Shafiyah yang seorang perempuan berhasil membikin ciut nyali musuh. Ialah sejatinya di antara wanita Muslim yang paling pemberani dalam sejarah. Shafiyah binti Abdul Muthalib wafat ketika Umar bin Khattab menjabat sebagai khalifah. Tepatnya pada tahun 20 hijriah. Kuburannya ada di Baqi' Madinah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement