Ahad 26 Nov 2023 16:15 WIB

Kisah Perempuan Ahli Maksiat Bertobat Seusai Mendengar Lantunan Ayat Alquran

Kisah ini mengenai Syawanah yang pernah hidup di Basrah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Setelah mendengar semua keterangan itu, Syawanah masuk ke dalam rumah itu. Di dalam, dia menyaksikan seorang pembimbing rohani sedang dikelilingi sejumlah orang. Pembimbing ruhani itu sedang memberikan nasihat dan peringatan dengan azab Tuhan kepada orang-orang yang ada di sekelilingnya. Orang-orang itu tidak henti-hentinya menangis.

Syawanah memperhatikan ucapan-ucapan pembimbing rouhani itu, tepat ketika dia sedang menjelaskan ayat suci Alquran ini.

إِذَا رَأَتْهُم مِّن مَّكَانٍۭ بَعِيدٍ سَمِعُوا۟ لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا

Apabila ia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suaranya yang gemuruh karena marahnya. (QS Al-Furqan Ayat 12)

وَإِذَآ أُلْقُوا۟ مِنْهَا مَكَانًا ضَيِّقًا مُّقَرَّنِينَ دَعَوْا۟ هُنَالِكَ ثُبُورًا

Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka dengan dibelenggu, mereka di sana berteriak mengharapkan kebinasaan. (QS Al-Furqan Ayat 13)

لَّا تَدْعُوا۟ ٱلْيَوْمَ ثُبُورًا وَٰحِدًا وَٱدْعُوا۟ ثُبُورًا كَثِيرًا

(Akan dikatakan kepada mereka), "Janganlah kamu mengharapkan pada hari ini satu kebinasaan, melainkan harapkanlah kebinasaan yang berulang-ulang." (QS Al-Furqan Ayat 14)

Usai mendengar ayat-ayat suci itu, jiwa Syawanah berguncang, lalu berkata, "Wahai Syaikh (pembimbing rohani), saya termasuk orang yang suka bermaksiat. Apabila saya bertaubat, apakah Allah SWT akan mengampuni saya?"

Syaikh itu menjawab, "Tentu saja, jika kamu benar-benar bertaubat, walau perbuatan maksiatmu itu sama dengan perbuatan maksiat Syawanah."

Syawanah berkata...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement