Selasa 09 Jan 2024 14:14 WIB

9 Cara Menjauhkan Diri dari Maksiat

Kemaksiatan memang merupakan musuh nyata yang harus diperangi oleh umat Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada hakikatnya, perbuatan maksiat tidak hanya akan membuat lemah individu, tapi juga umat Islam secara keseluruhan. Jika umat lemah, maka tentu akan sulit untuk mengalahkan musuh-musuh Islam.

Dalam buku Amalan Pembuka Rezeki terbitan Bunyan diceritakan, ketika Umar bin Khattab menjadi khalifah, dia pernah berkata kepada panglimanya, Saad bin Abi Waqas:

Baca Juga

“Jauhkanlah diri dari maksiat karena yang aku risaukan dirimu bukanlah musuhmu, tetapi dosa-dosa yang kamu lakukan. Jumlah tentara kita tidak sebanyak tentara mereka. Kelengkapan senjata kita juga tidak sehebat kelengkapan senjata mereka. Maka, kalua amalan kemaksiatan dan tabiat kita sama dengan mereka, sudah pastilah kelebihan dan kemenangan akan berada pada mereka.”

Kemaksiatan memang merupakan musuh nyata yang harus diperangi oleh umat Islam. Berikut beberapa cara atau kiat untuk menghindarkan diri kita dari perbuatan maksiat.

Cara Menjauhkan Diri dari Maksiat

1. Jangan pernah menyepelekan dosa Anda meskipun kecil

Anggaplah seolah-olah dosa Anda itu adalah dosa besar. Abdullah bin Mas’ud ra pernah berkata: “Orang beriman melihat dosa-dosanya seolah-olah ia duduk di bawah gunung, ia takut gunung tersebut menimpanya. Sementara orang yang fajir (suka berbuat dosa) melihat dosanya seperti lalat yang lewat di depan hidungnya.

Tobat nasuha....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement