Rabu 18 Oct 2023 12:06 WIB

Organisasi Zionis Pernah Ledakkan Kapal Berisi Imigran Yahudi, Ini Sejarahnya

Usai peristiwa ledakan tersebut, tudingan malah diarahkan kepada warga Palestina.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pengungsi Palestina menyusul Perang Arab-Israel 1948
Foto:

Sesudah melewati rangkaian pengaturan untuk peledakan tersebut, maka tepat pukul 09.00 25 November 1940, terdengar ledakan keras di pelabuhan Haifa. Ternyata kapal SS Patria yang membawa sekitar 1.800 imigran Yahudi meledak.

Bom yang dipasang Haganah meledakkan seluruh rangka baja di salah satu sisi kapal yang berbobot 11.885 ton. Akibatnya kapal tenggelam dalam waktu kurang dari 16 menit. Sejumlah orang Yahudi yang berada di kapal Prancis itu terjebak di dalam gudang dan 267 orang di antaranya tenggelam, sedangkan 172 lainnya luka-luka.

Para pelaut Palestina yang berada di pelabuhan tersebut karena motif kemanusiaannya, berusaha membantu sejumlah imigran Yahudi yang selamat dari ledakan tersebut.

Setelah itu, orang-orang Yahudi bisa masuk ke wilayah Palestina, setelah rencana zionis Haganah berhasil dengan memakan korban dari kalangannya sendiri, demi memperkuat kehadiran Yahudi di Palestina. Tujuan akhirnya ialah mendirikan negara pendudukan.

Kemudian, Inggris mengizinkan mereka tinggal di Palestina selama beberapa waktu karena alasan kemanusiaan. Usai peristiwa ledakan tersebut, tudingan malah diarahkan kepada warga Palestina.

Ada tudingan miring yang menyebut warga Palestina menargetkan orang-orang Yahudi dengan melakukan peledakan terhadap kapal yang membawa mereka, untuk mencegah kehadiran kalangan Yahudi di Palestina.

Namun sampai sekarang tidak ada yang mampu membuktikan Palestina menargetkan orang-orang Yahudi. Sehingga alasan sebenarnya di balik pengeboman kapal Prancis SS Patria menjadi misteri yang belum terpecahkan selama beberapa tahun.

Pada Desember 1945...

sumber : Arabic Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement