Kamis 05 Oct 2023 12:39 WIB

Sejauh Mana Suami Istri Boleh Saling Menyimpan Privasi dalam Islam?

Hubungan suami istri hendaknya dilandasi atas dasar kepercayaan dan kejujuran.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Suami Istri
Foto:

Apakah ada hubungan yang setara dengan hubungan ini? Alquran telah memberikan gambaran terindah tentang hubungan ini dengan sebuah metafora.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 187, "Uhilla lakum lailatas-siyamir-rafasu ila nisa'ikum, hunna libasul lakum wa antum libasul lahunn(a), alimallahu annakum kuntum takhtanuna anfusakum fataba alaikum wa afa ankum, fal-ana basyiruhunna wabtagu ma kataballahu lakum, wa kulu wasyrabu hatta yatabayyana lakumul-khaitul-abyadu minal-khaitil-aswadi minal-fajr(i), summa atimmus-siyama ilal-lail(i), wa la tubasyiruhunna wa antum akifuna fil-masajid(i) tilka hududullahi fala taqrabuha, kazalika yubayyinullahu ayatihi lin-nasi laallahum yattaqun."

Yang artinya, "Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu.

Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Te-tapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa."

Begitulah hubungan antara suami dan istri. Allah menjelaskan bahwa harus ada kepercayaan penuh antara suami dan istri dalam segala hal demi kesehatan dan kebahagiaan kehidupan berumah tangga. Harus ada keterbukaan dan saling konsultasi.

"Mereka harus melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk membangun rasa saling percaya," kata dia. 

photo
Suami-istri (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement