Jumat 08 Sep 2023 05:51 WIB

Prof Quraish Shihab Ungkap Perbedaan Mencolok Antara Jin dan Malaikat

Allah SWT menciptakan malaikat dan jin dengan karakter masing-masing

Ilustrasi alam jin. Allah SWT menciptakan malaikat dan jin dengan karakter masing-masing
Foto: AP/Mosa'ab Elshamy
Ilustrasi alam jin. Allah SWT menciptakan malaikat dan jin dengan karakter masing-masing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Allah SWT menciptakan malaikat dan jin dengan karakter fisik dan non fisiknya masing-masing.

Beberapa di antaranya diabadikan dalam Alquran dan hadits. Prof Quraish Shihab menuangkannya dalam dua buku kecil yang berjudul Malaikat dalam Alquran dan Jin dalam Alquran. Dalam kedua karyanya itu Prof Quraish menjelaskan perbedaan antara malaikat dan jin. Berikut uraian singkatnya:

Baca Juga

Malaikat

Percaya kepada malaikat menjadi salah satu dari enam Rukun Iman. Seorang Muslim tidak sempurna dan tidak sah imannya bila tidak percaya kepada malaikat. Oleh karena itu, mulailah mengetahui keberadaan malaikat. 

 

Selama ini malaikat digambarkan sebagai mahkluk yang bersayap. Benarkah makluk yang diciptakan dari cahaya ini bersayap? Alquran Surat Fathir ayat 1, menjawabnya, bahwa 

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu."” 

Selain bersayap, banyak ulama berpendapat, wujud malaikat bisa menjadi aneka bentuk. Ciri utama makhluk ini sangat taat, patuh terhadap perintah Allah SWTT, sedikit pun tidak pernah membangkang. Ketaatan malaikat banyak disebutkan dalam ayat-ayat Alquran.

Baca juga: Bagaimana Laut Merah Bisa Terbelah oleh Tongkat Nabi Musa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ada yang mengibaratkan malaikat sebagai tentara Allah SWT. Allah SWT menganugerahkan akal dan pemahaman, serta memberikan naluri yang kuat kepada malaikat. Makhluk ini sanggup melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat. 

Jumlah malaikat sangat banyak. Hadits sahih menjelaskan, setiap hari, 72 ribu malaikat shalat di Bait al-Mamur, dan yang telah sholat tidak lagi kembali sesudahnya. 

Bait al-Ma’mur dipahami para ulama sebagai kiblat dan tempat berhaji para malaikat dilangit. Jumlah pastinya berapa malaikat hanya Allah SWT yang Mahatahu. Kehadiran malaikat tak sekadar sebagai tentara. Allah SWT memberikan banyak kemampuan. 

Di antaranya, enam kemampuan dari malaikat yang berbeda dari manusia, yaitu malaikat mampu berbentuk sebagai manusia. 

Tidak berjenis kelamin, tidak makan minum. Tidak jemu beribadah, dan tak mengenal letih, serta tidak melakukan dosa. 

Jin 

Di dunia ini ada manusia-manusia... 

sumber : Harian Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement