Kamis 21 Jan 2021 20:06 WIB

Ada Malaikat dan Jin yang Tempel Manusia, Apa Bedanya?

Manusia akan ditempel malaikat dan jin semasa hidupnya

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Manusia akan ditempel malaikat dan jin semasa hidupnya. ilusrasi jin dan malaikat tempel manusia
Foto: Republika/Thoudy Badai
Manusia akan ditempel malaikat dan jin semasa hidupnya. ilusrasi jin dan malaikat tempel manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Cukup banyak perbedaan mencolok yang menjelaskan antara jin dan malaikat. Keduanya diciptakan dari asal muasal yang berbeda jauh.  

Dikutip dari laman Mawdoo3 pada Kamis (21/1), asal mula penciptaan para malaikat berbeda dengan asal mula penciptaan jin, Allah SWT menciptakan jin dari api, sedangkan malaikat diciptakan Tuhan Yang Maha-Esa dari cahaya.

Baca Juga

Para malaikat menyembah kepada Allah SWT dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Mereka juga memerintahkan manusia untuk berbuat kebaikan. 

Di samping itu, iman kepada malaikat merupakan bagian dari rukun iman. Iman kepada malaikat maksudnya meyakini adanya malaikat, walaupun manusia tidak dapat melihat mereka, dan bahwa malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT .

 

Sementara itu, sebagian jin adalah beriman, dan sebagian lagi kafir. Mereka sama seperti manusia memiliki akal, mempunyai kemampuan yang sama untuk memilih antara jalan yang baik dan buruk. 

Rasulullah SAW turut mengatakan bahwa setiap manusia memiliki salah satu jin dan salah satu malaikat. Dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda: 

ما منكم من أحدٍ، إلّا وقد وكل به قرينه من الجن، وقرينه من الملائكة "Tidaklah seorang pun di antara kamu kecuali disertakan padanya qarin dari kalangan jin dan qarin dari kalangan malaikat" (HR Muslim dan Ahmad).

Sementara itu, iblis dari kalangan jin mengajak manusia kepada kejahatan. Sedangkan malaikat mengajak dan mendorong seseorang kepada kebaikan.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement