Senin 04 Sep 2023 17:15 WIB

Larangan Khianat, Sifatnya Orang Munafik

Khianat merupakan sifat yang berbahaya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji Alquran tentang pengkhianatan dan sifat munafik.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi mengaji Alquran tentang pengkhianatan dan sifat munafik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad ﷺ berpesan kepada umatnya agar tidak menjadi orang yang khianat, meskipun dia pun telah dikhianati. Di samping itu dalam hadits disebutkan bahwa tanda orang munafik salah satunya yakni berkhianat. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga

‎أَدِّ الْأَمَانَةَ إِلَى مَنْ ائْتَمَنَكَ ، وَلا تَخُنْ مَنْ خَانَكَ

“Tunaikanlah amanat pada yang memberikan amanat kepadamu. Janganlah berlaku khianat pada orang yang mengkhianatimu.” (HR. Tirmidzi, no. 1264; Abu Daud, no. 3535. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dhaif. Adapun Syaikh Al-Albani menyatakan sahih hadits ini).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالْخَائِنُ الَّذِي لَا يَخْفَى لَهُ طَمَعٌ، وَإِنْ دَقَّ إِلَّا خَانَهُ

Pengkhianat, orang yang tidak samar sifat tamaknya, walaupun sesuatu yang kecil dia selalu berbuat khianat. (HR. Muslim, no. 2865, dari ‘Iyadh bin Himar al-Mujaasi’iy)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” آيَةُ المُنَافِقِ ثَلاَثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ “

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda, “Tanda orang munafik ada tiga yaitu apabila bercerita dia berdusta, apabila berjanji dia menyelisihi janjinya, dan apabila diberi amanah (kepercayaan) ia berkhianat”.(HR. Al-Bukhari, no. 33, 2682, 2749, 6095 dan Muslim, no. 59)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement