Jumat 01 Sep 2023 20:34 WIB

Islam Mensyaratkan Umatnya Memilih Pemimpin yang Baik, Ini Kriterianya

Allah menyebutkan berulang kali dalam Alquran tentang ciri-ciri pemimpin yang baik.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Mencari Pemimpin Umat
Foto:

Terlihat bahwa pemimpin ideal itu adalah orang yang "paripurna" yang tidak hanya memiliki hubungan baik dengan Tuhan (mendirikan sholat dan mengabdi hanya kepada Allah), tetapi juga memiliki hubungan baik dengan manusia (senantiasa mengerjakan kebaikan dan menunaikan zakat). Oleh karena itu, ayat ini menjadi landasan utama bagi umat Islam dalam mencari figur pemimpin ideal yang akan memberi kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat.

Selain itu, Rasulullah memperingatkan agar kita memilih pemimpin yang amanah, yaitu yang memiliki keahlian dan kecakapan di bidangnya. "Apabila urusan itu diserahkan (dipercayakan) kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat-saat kehancuran" (HR Bukhari).

Hadits ini merupakan sebuah peringatan dari Rasul agar amanah itu diberikan kepada ahlinya. Dan puncak amanah adalah amanah dalam kepemimpinan umat. Jika pemimpin umat tidak amanah berarti kita tinggal menunggu saat kehancuran masyarakat kita.

Juga disebutkan oleh Anisatun Muthi'ah dalam jurnalnya Pemimpin Ideal dalam Perspektif Hadits bahwa Alquran sudah menjelaskan dalam surat al Maidah ayat 55 tentang ciri-ciri pemimpin yang baik menurut Islam. Kriteria tersebut adalah beriman kepada Allah SWT, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tunduk kepada peraturan dan ketentuan Allah.

Syaikh Muhammad Mubarak dalam kitabnya, Nizam al-Islam, menyebutkan, ada empat syarat seseorang menjadi pemimpin, yaitu mempunyai akidah yang lurus, mempunyai wawasan yang luas, mempunyai dedikasi mengabdi kepada umat, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap ajaran Islam. Dari segi itulah umat Islam perlu meninjau dan mempertimbangkan kembali pilihannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement