Selasa 15 Aug 2023 15:56 WIB

Islam Memandang Laki-laki dan Perempuan Sebagai Manusia yang Setara

Islam menekankan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan berbeda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Alquran, sebagai kitab suci Islam, menghormati kodrat dan penciptaan wanita. Dalam kitab ini juga tidak ada yang menganggap kodrat pria dan wanita sebagai dua hal yang berbeda.

Islam telah memperhatikan persoalan perempuan dari berbagai aspek, seperti politik, hukum, sosial dan agama (agama, sejarah dan yurisprudensi). Dalam Alquran, ada banyak ayat tentang wanita dan masalah seputar mereka.

Baca Juga

An-Nisa merupakan salah satu surat dalam Alquran yang membahas tentang wanita. Surat dengan 176 ayat ini mengambil judul An-Nisa karena berasal dari banyak referensi tentang wanita.

Saat ini, banyak diskusi yang membahas tentang kesetaraan gender dalam Islam. Seringnya, muncul banyak pendapat yang menyebut tidak ada kesetaraan gender dalam Islam, serta banyak yang mengkritik perihal perlakuan terhadap gender.

Banyak orang mengajukan beberapa tuduhan bahwa Islam mendiskriminasi perempuan. Padahal, Islam mengakui kesetaraan laki-laki dan perempuan, sekaligus sangat menekankan bahwa peran dan tanggung jawabnya tidak sama dan berbeda.

Alquran menunjukkan laki-laki dan perempuan adalah setara secara spiritual. Dalam QS Al Hujurat ayat 13 disebutkan, "Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti."

Harus diakui, setiap gender memiliki...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement