Selasa 15 Aug 2023 15:56 WIB

Islam Memandang Laki-laki dan Perempuan Sebagai Manusia yang Setara

Islam menekankan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan berbeda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Alquran pun telah berulang kali menekankan kesetaraan spiritual laki-laki dan perempuan. Wanita dapat mencapai semua titik tertinggi spiritual, seperti yang dapat dicapai pria. Alquran juga menekankan bahwa laki-laki dan perempuan akan mendapat balasan yang sama di akhirat atas perbuatan mereka di dunia ini.

Dalam QS Al-Ahzab ayat 35 disebutkan, "Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."

Di masa lalu pandangan patriarki dan merendahkan perempuan telah merugikan laki-laki dan perempuan. Di sisi lain, keyakinan ekstrem feminisme juga akan merugikan bagi laki-laki dan perempuan.

Sudut pandang Islam yang seimbang tidak menerima ekstrem apapun. Berdasarkan ajaran Alquran, laki-laki dan perempuan memiliki hakikat kemanusiaan yang sama, tetapi memiliki dua sifat yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement