Selasa 15 Aug 2023 15:56 WIB

Islam Memandang Laki-laki dan Perempuan Sebagai Manusia yang Setara

Islam menekankan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan berbeda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Harus diakui, setiap gender memiliki kekuatan dan kelemahan yang mungkin tumpang tindih atau tidak. Dalam aspek-aspek tertentu, salah satu jenis kelamin memiliki keunggulan dibanding yang lain, sedangkan pada aspek lainnya jenis kelamin yang lain memiliki keunggulan.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, Allah menyatakan dalam Alquran

QS An-Nisa ayat 124 disebutkan, "Dan barangsiapa mengerjakan amal kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedang dia beriman, maka mereka itu akan masuk ke dalam surga dan mereka tidak akan dizalimi, sekalipun sebesar sebutir batu kurma.”

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, pernah bertemu dengan ratusan wanita Iran pada 4 Januari 2023. Kala itu, ia menyebut salah satu poin yang ingin ia bicarakan adalah tentang sudut pandang Islam terhadap gender dan isu perempuan.

"Mengenai sudut pandang Islam, dapat dikatakan Islam melihat individu sebagai “manusia”, ketika menilai mereka atas dasar Islam dan sebagai pribadinya. Pria dan wanita tidak memiliki prioritas satu sama lain," ujar dia dikutip di Tehran Times, Selasa (15/8/2023).

Kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam hal kemanusiaan dan nilai-nilai Islam, merupakan salah satu prinsip Islam yang jelas. Ia menegaskan tidak ada keraguan tentang ini. Fakta bahwa wanita hadir dengan kemampuan untuk melahirkan anak dan secara alami lebih siap merawat kebutuhan bayi yang baru lahir, Islam menempatkan mereka peran yang lebih sentral dalam hal pengasuhan anak.

Namun, ini tidak berarti laki-laki tidak memiliki peran apa pun dalam hal pengasuhan itu. Ayah memiliki peran pendukung, sedangkan ibu memiliki peran dan tanggung jawab utama dalam mengasuh anak yang masih kecil. Jika peran ini dibalik, maka masalah sosial bisa muncul.

Ia lantas menyebut tidak ada...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement