Selasa 15 Aug 2023 15:56 WIB

Islam Memandang Laki-laki dan Perempuan Sebagai Manusia yang Setara

Islam menekankan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan berbeda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

Ia lantas menyebut tidak ada persamaan fisik antara laki-laki dan perempuan, kecuali bahwa mereka berdua adalah manusia. Perbedaannya luar biasa dan unik.

Dalam beberapa aspek, perempuan itu unik dan laki-laki tidak dapat melakukan fungsi yang mampu dilakukan oleh perempuan. Salah satunya adalah perihal melahirkan anak.

“Tidak ada perbedaan di antara laki-laki dan perempuan. Artinya, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dari segi nilai kemanusiaan dan keislaman. Islam memandang laki-laki dan perempuan sebagai manusia, tidak satu pun lebih disukai daripada yang lain," ucap Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

Dalam kehidupan sehari-hari, tugas laki-laki dan perempuan memang berbeda, tetapi ada keseimbangan. Ketika berbicara tentang tanggung jawab, penekanannya terletak pada karakteristik alami laki-laki dan perempuan.

Ada perbedaan tertentu antara laki-laki dan perempuan, yaitu pada kodrat perempuan dan kodrat laki-laki. Ada perbedaan dalam tubuh, jiwa dan hal-hal spiritual mereka. Tugas mereka pun disesuaikan dengan perbedaan ini.

"Perbedaan ini berdampak pada jenis tanggung jawab yang diberikan kepada pria dan wanita. Ini ada hubungannya dengan sifat feminin dan maskulin. Tidak ada gender yang harus bertindak dengan cara yang bertentangan dengan sifat mereka,” kata dia.

Alquran pun telah berulang kali...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement