Rabu 10 May 2023 19:03 WIB

Bagai Virus, Akhlak Buruk Orang Tua Bisa Menular ke Anak

Perilaku buruk orang tua itu pun menular pada anak-anaknya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Bagai Virus, Akhlak Buruk Orang Tua Bisa Menular ke Anak. Foto: Akhlak mulia (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Bagai Virus, Akhlak Buruk Orang Tua Bisa Menular ke Anak. Foto: Akhlak mulia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan gaya hidup mewah dan pamer harta sejumlah orang tua yang menjadi pejabat publik. Perilaku buruk orang tua itu pun menular pada anak-anaknya.

Sehingga anak-anaknya itu pun  kerap pamer harta. Bahkan anak-anak itu menjadi arogan dan hilang rasa kemanusiaannya dengan melakukan penganiayaan terhadap anak-anak lainnya. Sebut saja kasus penganiayaan yang dilakukan anak Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo, yakni Mario Dandy Satrio, serta kasus penganiayaan yang dilakukan anak pejabat polisi Polda Sumut AKBP Achiruddin Hasibuan yaitu Aditya Hasibuan. Apakah akhlak buruk itu menular?

Baca Juga

Dalan tulisan singkatnya yang diterima Republika.co.id pada Rabu (10/5/2023) Ketua Majelis Taklim dan Dzikir Baitul Muhibbin, Habib Abdur Rahman Al-Habsyi memberikan penjelasan tentang cepatnya akhlak buruk menyebar dan mempengaruhi orang lain. Berikut tulisan utuh Habib Abdur Rahman Al Habsyi:

Virus Akhlak

Pernahkah kita menyadari bahwa akhlak buruk yang dilakukan seseorang ternyata dapat menular kepada orang lain yang berada di sekitarnya. Tak sedikit orang yang menginginkan kebaikan bagi sanak saudaranya tapi lupa akan akhlak buruk yang masih melekat pada dirinya. Dalam sebuah pepatah berbahasa Arab dikatakan:

سُوْءُ الخُلُقِ يُعْدِي

"Maksudnya adalah bahwa segala bentuk akhlak buruk cenderung lebih cepat menyebar dan ditiru oleh orang banyak daripada akhlak baik"

Karena di dalam diri manusia itu ada nafsu yang selalu mendorong manusia untuk berbuat keburukan.

رَسُولُ اللٌهِ صَلَّيَ اللهُ عَلَيهِ وَآلِهِ وَسَلٌمَ :

 يَا عَلِيُّ..! لِكُلِّ ذَنْـبٍ تَوْبَةٌ إِلاَّ سُوءُ الْخُلْقِ فَإِنَّ صَاحِبَهُ كُلَّمَا خَرَجَ مِنْ ذَنْبٍ دَخَلَ فِي ذَنْبٍ.

Rasulullah pernah berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib sambil berkata: "Hai Ali, Setiap dosa ada jalan taubatnya kecuali akhlak tercela karena sesungguhnya pelakunya setiap kali keluar dari dosa maka ia akan memasuki dosa yang lainnya".

Akhlak buruk itu virus saudaraku. Semoga kita terhindar dari akhlak buruk dan dijauhkan dari orang-orang yang berakhlak buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement