Rabu 10 May 2023 10:31 WIB

6 Hadits Berikut Jelaskan Bagaimana Muslimah Jaga Kehormatannya

Rasulullah SAW mengajarkan Muslimah untuk menjaga kehormatan

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah.  Rasulullah SAW mengajarkan Muslimah untuk menjaga kehormatan
Foto:

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam telah melarang tindakan khalwat dengan wanita asing ini dalam hadits sahih dengan bersabda:  

ألَا لا يَخْلُوَنَّ رجُلٌ بامرأةٍ إلا كانَ ثالثَهما الشَّيطانُ 

“Ingatlah, bahwa tidaklah seorang laki-laki itu berkhalwat dengan seorang wanita kecuali yang ketiganya adalah setan”  (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Al-Hakim kemudian menyatakan bahwa hadits ini sahih berdasarkan syarat Al-Bukhari dan Muslim. Pendapat ini disepakati pula Adz-Dzahabi)

Khalwatnya seorang laki-laki dengan wanita asing secara bertahap akan menggiring pada kebinasaan serta menggiring pada perbuatan dosa

5. Tidak berjabat tangan dengan lelaki yang bukan mahram. Dari Ma’qil bin Yasar, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لأَنْ يُطعَنَ في رأسِ رجلٍ بِمِخْيَطٍ من حديدٍ خيرٌ له من أن يمَسَّ امرأةً لا تَحِلُّ له

 “Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir 20: 211)  

Hadits ini sudah menunjukkan kerasnya ancaman perbuatan tersebut, semua itu dalam rangka menutup segala celah menuju kerusakan dan kemaksiatan.

6. Tidak safar kecuali dengan mahram. 

Ketahuilah, keharaman safar seorang wanita tanpa mahram adalah keharaman sangat tegas dalam syariat ini. Abdullah bin Abbas berkata:

 لا تسافر المرأة إلا مع ذي محرم “Aku mendengar Rasulullah bersabda Janganlah seorang wanita safar kecuali dengan mahramnya.” (HR Bukhari 1862, Muslim 1341). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:

لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر أن تسافر مَسِيرَةَ ثلاث ليال إلا و معها ذو محرم

 

“Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk safar selama perjalanan tiga malam (Pembatasan ini tidaklah dimaksud, bahkan semua yang dinamakan safar maka wanita dilarang kecuali bersama mahramnya." Syarah Shahih Muslim 9/110) kecuali bersama mahramnya. (HR Bukhari dan Muslim)   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement