Rabu 10 May 2023 07:57 WIB

Shalom Alaichem Dinyanyikan Panji Gumilang Al Zaytun, Ini Penjelasan Aktivis Yudaisme  

Shalom Alaichem diklaim mempunyai kesamaan dengan salam ala Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Islam-Yahudi/ilustrasi. Shalom Alaichem diklaim mempunyai kesamaan dengan salam ala Islam
Foto: news.yourolivebranch.org
Islam-Yahudi/ilustrasi. Shalom Alaichem diklaim mempunyai kesamaan dengan salam ala Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Viralnya lagu rohani nasrani di pengajian Pesantren Al Zaytun menarik banyak orang untuk berkomentar.

Salah satu influencer yang sering membahas agama yudaisme Eko Etika Noor menjelaskan lagu "Hanevu Shalom Alaichem" memang sering dinyanyikan sebagai lagu pembuka saat ibadah umat nasrani. 

Baca Juga

Salah satu klip dibagikan Etika mengenai lagu pembuka rohani dengan bahasa ibrani oleh umat nasrani, https://youtu.be/KGGOIFzyO3k.

Etika juga membagikan klip lagu kedua yang pernah menyanyikan shalawat dengan bahasa ibrani berjudul shalawat global di kajian kyai kanjeng, Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), https://youtu.be/N0zHKFPG4jQ.

Etika yang mendalami agama Yahudi langsung dengan Rabbi Tovia Singer menjelaskan bahwa keduanya berbahasa ibrani dan berarti sama dengan kalimat Assalammualaikum, sehingga menurut Etika tidak masalah jika kalimat tersebut digunakan Muslim sebagai sapaan berbahasa Ibrani.

"Lain halnya jika kalimat tersebut digunakan sebagai lagu rohani atau puji-pujian pada klip video youtube umat Nasrani. Karena hal tersebut sudah masuk ranah teologi," ujar dia kepada republika.co.id, Selasa (9/5/2023).

photo
Mantan bupati Indramayu Lucky Hakim saat diajak Panji Gumilang mengucapkan salam khas Yahudi Israel di Pesantren Al Zaytun tahun lalu. - (Tangkapan layar akun youtube Arek Pati)

Selain itu Etika yang sering berkolaborasi dengan Yayasan Pembinaan Muslim At Tauhid (YPMA) juga menjelaskan mengenai umat Yahudi yang memiliki kesamaan ketauhidan dengan Islam. Yahudi juga hanya meyakini satu tuhan yang sama dengan Islam yakni Allah SWT.

Hanya saja...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement