Rabu 10 May 2023 10:14 WIB

Dua Muslimah Cantik Berhijab Lolos Grand Final Indonesian Idol, Ini Sosok Keduanya

Salma dan Nabila dua Muslimah cantik berhijab bertarung di Indonesian Idol

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Salma dan Nabila dua muslimah cantik berhijab bertarung di Indonesian Idol
Foto: Dok Istimewa
Salma dan Nabila dua muslimah cantik berhijab bertarung di Indonesian Idol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajang pencarian bakat Indonesian Idol yang digelar salah satu stasiun televisi swasta kini resmi memasuki babak Grand Final. 

Kedua finalis tersebut adalah sosok Muslimah yang tampil anggun dengan hijabnya. Keduanya adalah Salma Salsabil mahasiswi Institut Senin Indonesia (ISI) Yogyakarta jurusan musik dan Nabila Taqiyyah, Muslimah berhijab asal Aceh.  

Baca Juga

Kontestan dengan nama panjang Salma Salsabil 'Aliyah ini merupakan salah satu kontestan yang kerap mendapat pujian atau standing ovation dari para juri. Dengan hijabnya, ia berhasil menggaet banyak penggemar.

Lahir di Probolinggo, Salma mengawali kompetisinya dengan menyanyikan lagi milik Iris berjudul Goo Goo Dolls. Dengan bakatnya, dia berhasil mendapatkan Golden Ticket. 

Mengutip beragam sumber, dia disebut sudah berkecimpung di dunia musik dan menunjukkan ketertarikan pada bakat menyanyi sejak SD. Beranjak remaja, dia bahkan bergabung dengan teman-temannya untuk membentuh sebuah band. 

Mengingat kecintaannya ini, Salma pun memilih mengambil jurusan musik saat masuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Setelah lulus, ia semakin memantapkan diri terjun di dunia musik dengan melanjutkan pendidikan di ISI Yogyakarta. 

Melalui kanal YouTube miliknya, yang diberi nama Dominic Music, dia kerap melakukan rekaman dan mengunggah video-videonya mengcover berbagai lagu.

Selama perjalanannya mengikuti ajang pencarian bakat itu, salah satu juri Judika sempat menyebut jika Salma memiliki faktor O dan K. Faktor yang dimaksud adalah originalitas dan kualitas.

Judika, yang merupakan jebolan ajang yang sama pada 2005, menyebut Salma selama ini terus menjaga kualitasnya dan konsisten. Dia pun pernah menyampaikan harapan agar perempuan berhijab kelahiran 2002 ini bisa terus maju ke babak-babak selanjutnya.   

Sementara itu, Nabilah dengan suaranya yang lembut, sejak awal Nabila berhasil mencuri perhatian publik. Sebelum berjuang di ajang ini, dia telah dikenal sebagai seorang YouTuber yang kerap memuat konten menyanyi.

Nabila, yang lahir pada  2005, membawakan lagu berjudul No milik Meghan Trainor di babak top 3. Penampilannya berhasil membuat seluruh dewan juri memberikan pujian. 

Judika, salah satu juri, menyebut dia berhasil membawakan lagu tersebut dengan suaranya yang baik. Di sisi lain, Rossa memuji koreo dance yang dia tampilkan di atas panggung. 

Dulu, nama Nabila Taqiyyah sempat ramai diperbincangkan karena mampu membuat tentara Israel menangis setelah mendengar suara merdunya. Hal ini dia lakukan saat membuat konten melalui Ome TV. 

Di platform tersebut, Nabila membuat eksperimen sosial bernyanyi dengan lawan bicaranya. Salah satu yang terhubung dengannya kala itu adalah tentara Israel. 

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Kontennya di Ome TV ini dia lakukan sejak 2020. Di tahun itu, dia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Di Aceh, wanita berhijab ini bisa disebut sebagai artis daerah. Sebab, dia kerap tampil di berbagai acara perayaan ulang tahun atau HUT daerah, serta berbagai kegiatan di Aceh.

Salah satu tempat dimana ia menyumbangkan suaranya adalah panggung utama Bhayangkara Seulawah Expo (BSE) 2022, yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh.

Sebelum mengikuti ajang pencarian bakat ini, Nabila juga pernag merilis single non-album berjudul Tak Dianggap. Lagu tersebut dia unggah di akun YouTube  pribadinya dan telah dilihat sebanyak 419.081 kali.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement