Kamis 02 Feb 2023 04:33 WIB

Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam

Orang mukmin yang tidak sombong termasuk orang yang beruntung dunia akhirat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam
Foto: agung supriyanto
Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikap sombong dan angkuh merupakan hal yang tidak disukai oleh banyak orang. Sikap ini akan merugikan diri sendiri dan lingkungan, sekaligus bencana di alam akhirat.

Dalam salah satu suratnya, Alquran juga telah memperingatkan umat Muslim untuk menjauhi sifat sombong. Dalam QS Luqman ayat 18 disebutkan:

Baca Juga

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri."

 

Makna dari kata memalingkan wajah adalah mengangkat dagu dari manusia dengan bahasa tubuh yang sombong. Ucapan kasar dan keras juga bisa tergolong ucapan sombong, karena di dalamnya ada rasa orang lain lemah dan bodoh.

Tidak hanya itu, saat komunikasi selalu cenderung mendikte dan tidak mau dengar pertimbangan orang lain. Ini juga bisa terkategori sikap sombong.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

((ألا أُخْبِرُكُمْ بأهْلِ النَّار: كلُّ عُتُلٍ جَوّاظٍ مُسْتَكْبرٍ)). متفقٌ عَلَيْهِ،

"Tidakkah kuberitahu kalian penghuni neraka yaitu setiap orang congkak, kasar berucap penuh kesombongan."

Dalam artikel yang diunngah di laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), disampaikan cara berpakaian yang tidak menyesuaikan juga bisa terkategori sikap sombong. Dalam berpakaian, hendaknya tidak hanya mengikuti tren dan mempertimbangkan aspek halalnya, semisal menutup aurat.

Memahami momen yang ada juga menjadi salah satu cara menghindari kesombongan. Saat ada acara resmi, maka pakaian yang dikenakan baiknya sesuai dan tidak menentang etika. Hal yang sangat perlu dihindari adalah pakaian yang mencirikan status lebih tinggi derajat dan lebih terpandang dihadapan manusia dibanding manusia lain.

 

sumber : https://mui.or.id/mui-provinsi/47967/goresan-pagi-bahayanya-bergaya-sombong/
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement