Kamis 02 Feb 2023 04:33 WIB

Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam

Orang mukmin yang tidak sombong termasuk orang yang beruntung dunia akhirat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bahaya Bergaya Sombong dalam Pandangan Islam
Foto:

Sikap sombong adalah niat melebihi yang lain dan merasa hebat sendiri karena kemampuannya. Adapun sikap ingin dipahami berbuat yang terbaik dan memakai yang terbaik dari barang yang ia miliki, demi menjadi orang yang menghargai tatanan dan etika pada sesama sekaligus memuliakan majlis-majlis dengan pakaian yang baik karena Allah swt semata, bukanlah terkategori sombong.

Seorang shahabat bertanya kepada nabi Muhammad SAW

  فَقَالَ رَجُلٌ: إنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا، ونَعْلُهُ حَسَنَةً؟ قَالَ: ((إنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الجَمَالَ، الكِبْرُ: بَطَرُ الحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ)). رواه مسلم.

"Ya Rasulullah, bagaimana jika ada orang yang suka baju dan sandalnya yang sangat bagus? Rasul bersabda itu bukan keesombongan, sebab sombong itu adalah congkak terhadap kebenaran dan suka merendahkan sesama manusia."

Kuncinya adalah seperti apa yang diucapkan Qatadah Rahimahullah, "Manusia yang kaya atau miskin harus dipandang sama, dan disikapi penuh bijak dengan sikap yang sama."

Ibnu Abbas ra berkata: ”Janganlah melecehkan sesama dan berpaling dari sesama, saat ia berbicara denganmu.”

Karena itu, hendaknya setiap insan berhati hati agar tidak terjerembab dalam sikap angkuh adan sombong. Diibaratkan oleh Syaekh Al-Aquuliy rahimahullah, ”Ujub pada diri sendiri adalah kesombongan nyata."

Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((لا يَزَالُ الرَّجُلُ يَذْهَبُ بِنَفْسِهِ حَتَّى يُكْتَبَ في الجَبَّارِين، فَيُصِيبَهُ مَا أَصَابَهُمْ)). رواه الترمذي، وقال: (حَدِيثٌ حَسَنٌ).

"Masih saja senantiasa seseorang itu anggap dirinya lebih tinggi derajat dari orang lain hingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang sombong.”

Karena itu, seorang mukmin yang bisa menghentikan kesombongan dirinya adalah termasuk orang yang beruntung dunia akhirat.

sumber : https://mui.or.id/mui-provinsi/47967/goresan-pagi-bahayanya-bergaya-sombong/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement