Senin 12 Dec 2022 19:28 WIB

Gelisah karena Sholat Masih Sering Bolong? Lakukan Tiga Hal Ini

Sholat merupakan tiang terpenting dari segala ibadah.

Rep: Eva Rianti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Gelisah karena Sholat Masih Sering Bolong? Lakukan Tiga Hal Ini
Foto:

Bersumpah

Selain melakukan upaya berdoa dengan sungguh-sungguh, kita juga bisa melakukan upaya bersumpah. Hal itu jika kita tidak memiliki alasan yang kuat untuk melewatkan sholat. Sumpah itu dilakukan untuk diri sendiri dan untuk Allah, bahwa kita tidak akan pernah melewatkannya lagi.

Disarankan pula untuk berpaling kepada Allah. Berbicaralah kepada-Nya seolah-olah akan berbicara dengan ibu Anda atau seseorang yang sangat dekat dengan Anda. Dia (Allah) ada untuk mendengarkanmu.

Katakan kepada-Nya bagaimana perasaan saat kita meninggalkan sholat. Beritahu Dia betapa kita merasa menyesal karena melewatkan sholat, dan minta Dia untuk memperkuat iman dan membantu melakukannya.

Sejalan dengan itu, ahli juga menyarankan untuk mulai memiliki hubungan yang lebih kuat dengan Alquran karena merupakan pedoman utama dalam hidup Muslim. Dedikasikan waktu pada pagi hari, malam hari, atau kapan pun kita menemukan waktu untuk membaca dan merenungkannya.

Bacalah dengan pertanyaan di benak: “Apa yang ingin Allah sampaikan kepada saya hari ini?” Insya Allah itu akan memperkuat iman kita.

Menghabiskan Lebih Banyak Waktu dengan Muslim

Selain doa dan bersumpah, lakukan juga upaya lainnya seperti menghabiskan waktu bersama muslim jika belum melakukannya. Pergilah ke tempat pengajian di masjid dan bersosialisasi dengan jamaah di sana. Komunitas juga membantu untuk menyegarkan iman. Semoga Allah memudahkan kita dalam memperbaiki kualitas sholat dan memberi petunjuk-Nya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement