Rabu 26 Oct 2022 01:53 WIB

Masjid Faisal, Ikon Nasional Kebanggaan Pakistan

Desain Masjid Faisal tanpa kubah dan lengkungan seperti sebagian besar masjid lain.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Faisal di Pakistan. Masjid Faisal, Ikon Nasional Kebanggaan Pakistan
Foto: IST
Masjid Faisal di Pakistan. Masjid Faisal, Ikon Nasional Kebanggaan Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Terletak di kaki Bukit Margalla, Masjid Faisal adalah salah satu struktur paling besar dan klasik yang terletak di ibu kota Pakistan, Islamabad. Dinamai seperti nama penyumbangnya, Faisal bin Abdulaziz Al Saud, masjid ini adalah yang terbesar di Pakistan dan salah satu tempat wisata paling populer dan bersejarah di negara ini.

Raja Arab Saudi Faisal memberikan hibah kolosal sebesar 120 juta dolar AS untuk pembangunan masjid di Pakistan ketika ia melakukan kunjungan bersejarah ke negara itu pada 1966. Sebuah kompetisi untuk desain masjid diadakan, dan di antara 43 proposal otentik dari 17 negara, desain arsitek Turki Vedat Dalokay untuk masjid itu dianggap layak memenangkan kontes.

Baca Juga

Lulus dari Fakultas Arsitektur Universitas Teknik Istanbul (ITÜ) pada 1949, Dalokay menjabat sebagai arsitek di layanan pos nasional Turki, PTT dan Kementerian Pekerjaan Umum pada 1950-1951. Ia menyelesaikan studi pascasarjana di Sorbonne Urbanism Institute di Paris pada 1951-1952 dan bekerja di kantor arsitek terkenal seperti Auguste Perret dan Charles-Edouard Jeanneret, yang dikenal sebagai Le Corbusier.

Dalokay mendirikan bengkel arsitekturnya sendiri di ibu kota Ankara pada 1954. Antara 1964 dan 1968, ia menjabat sebagai ketua cabang Kamar Arsitek Ankara dan sekretaris jenderal Kamar Arsitek Turki.

 

Dalokay, bagaimanapun, memasuki politik dalam kariernya kemudian. Memenangkan 62 persen suara dari penduduk Ankara pada 1973, ia menjadi wali kota dari Partai Rakyat Republik (CHP) dan melanjutkan tugas ini hingga 1977. Setelah menjabat sebagai wali kota Ankara, ia terus bekerja sebagai arsitek lepas.

Dilansir di Daily Sabah, tanah di dekat dasar Bukit Margalla ditugaskan oleh pemerintah Pakistan untuk pembangunan Masjid Faisal. Namun, raja Faisal dibunuh pada Maret 1975 di Riyadh, dan fondasi bangunan hanya dapat diletakkan setahun kemudian oleh penggantinya Raja Khalid bin Abdulaziz Al Saud. Atas hal ini, pemerintah Pakistan menamai masjid dan jalan menuju situs tersebut dengan nama mendiang Raja Faisal.

Setelah dianggap sebagai masjid terbesar di dunia, Masjid Faisal mendapat gelar sebagai Masjid Nasional Pakistan. Proyek masjid ini selesai pada 1986. Masjid ini menampung Universitas Islam Internasional beberapa tahun lalu. Namun, universitas pindah ke kampus baru pada 2000.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement