Rabu 26 Oct 2022 01:53 WIB

Masjid Faisal, Ikon Nasional Kebanggaan Pakistan

Desain Masjid Faisal tanpa kubah dan lengkungan seperti sebagian besar masjid lain.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Faisal di Pakistan. Masjid Faisal, Ikon Nasional Kebanggaan Pakistan
Foto:

Desain yang tidak biasa

Desain Masjid Faisal tidak biasa, tanpa kubah dan lengkungan seperti sebagian besar masjid lain di seluruh dunia. Desain ini revolusioner dalam hal menyatukan elemen modern dan tradisional. Ini adalah puncak dari kedua arsitektur modern yang dipadukan dengan seni dekorasi tradisional Pakistan.

Masjid ini meliputi area seluas 5.000 meter persegi dan desainnya menyerupai tenda gurun Badui. Atap masjid yang seperti tenda adalah piramida terpotong dengan empat menara raksasa yang dibangun di empat sudut luarnya. Sementara aula utama delapan sisi masjid mengambil inspirasi dari budaya Arab dan menara yang indah terinspirasi oleh arsitektur Turki.

Tidak seperti masjid tradisional di seluruh dunia, Masjid Faisal tidak didukung oleh kubah atau lengkungan apa pun. Masjid ini terbuat dari marmer putih, dan interiornya dihiasi dengan mosaik dan lampu gantung Turki yang menakjubkan. Desain interiornya juga menampilkan warna emas, kaligrafi dan karya mosaik abstrak dalam beberapa warna seperti biru langit-langit, biru kobalt, hijau krom, hijau zaitun yang dalam dan kaya, kuning lemon dan oranye kekuningan krom.

Dinding barat masjid memiliki pola mosaik di mana Kalimah (frasa Islam yang sering dibacakan oleh umat Islam) ditulis dalam aksara Kufi, diulang dalam efek bayangan cermin. Kaligrafi dan dekorasi mozaik, yang meningkatkan nilai estetika masjid, dibuat oleh seniman Pakistan Sadequain. Arsitek Dalokay pernah berkata bahwa ia mencoba menangkap semangat, proporsi, dan geometri Ka'bah secara abstrak murni.

photo
Orang-orang melakukan sholat subuh di Masjid Agung Faisal, di Islamabad, Pakistan, Senin, 3 Mei 2021. - (AP/Anjum Naveed)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement