Ahad 09 Oct 2022 01:03 WIB

12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati

Mengikuti prinsip ini mampu meningkatkan kebaikan dan kebijaksanaan pada Muslim.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslim . 12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati
Foto:

8. Mengurus Anak Yatim

“Jangan mendekati harta anak yatim kecuali untuk memperbaikinya, sampai ia mencapai usia kekuatan penuh. (17:34)

Anak yatim dan semua yang rentan harus dijaga. Kita harus mengakui hak-hak mereka dan melindungi mereka dari segala bahaya. Seorang Muslim harus memiliki komitmen yang mendalam untuk merawat kaum muda, miskin, lemah, dan cacat. Kebaikan dan kasih sayang adalah komitmen dasar seorang Muslim. Ini mencakup semua orang dan termasuk hewan.

9. Memenuhi Janji dan Komitmen

Janji dan kontrak adalah bagian penting dari kehidupan manusia dan peradaban manusia. Ketika janji tidak ditepati, orang kehilangan kepercayaan satu sama lain dan seluruh masyarakat menjadi lemah. Muslim harus setia pada kata-kata mereka.

10. Jujur dalam Urusan Bisnis

“Berilah takaran penuh ketika kamu mengukur, dan timbanglah dengan timbangan yang lurus: itulah yang paling pas dan paling menguntungkan pada akhirnya. (17:35)

Bisnis yang jujur membawa kemajuan, kesuksesan, dan berkah. Semua bisnis, baik komersial, sosial, atau politik harus dilakukan dengan rasa keadilan dan kewajaran. Seorang Muslim sejati berkomitmen berlaku adil dalam segala hal dan dengan setiap orang.

Seorang pengusaha Muslim harus menjadi pengusaha yang paling jujur. Seorang pekerja Muslim harus menjadi pekerja yang paling jujur. Jadi seorang Muslim dalam profesi apa pun harus menghormati profesi itu.

11. Bertindak Berdasarkan Pengetahuan dan tidak Mengikuti Desas-desus

“Janganlah kamu mengikuti apa yang tidak kamu ketahui. Lihat! pendengaran dan penglihatan dan hati—masing-masing akan ditanyakan. (17:36)

Muslim harus jujur dalam memberikan informasi. Muslim harus menjadi laporan yang paling dapat dipercaya.

Dengan cara yang sama, umat Islam harus sangat berhati-hati dengan tindakan dan reaksi mereka. Mereka seharusnya tidak bereaksi terhadap semua orang tanpa bukti yang tepat.

12. Rendah Hati dan tidak Sombong

Seorang Muslim sejati bersyukur kepada Allah atas semua karunia-Nya. Untuk segala sesuatu, pujian tertinggi adalah untuk Allah dan kemuliaan sejati adalah milik Allah.

Ini adalah komitmen dasar umat Islam sebagai individu dan sebagai manusia. Inilah prinsip-prinsip kebijaksanaan dan nilai-nilai universal Islam. Mengikuti mereka membawa keadilan, kedamaian, dan kebahagiaan di dunia ini dan mereka memang akan membawa kesuksesan dan keselamatan di akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement