Ahad 09 Oct 2022 01:03 WIB

12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati

Mengikuti prinsip ini mampu meningkatkan kebaikan dan kebijaksanaan pada Muslim.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslim . 12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati
Foto:

4. Berhati-hati dengan Uang dan Jangan Buang-Buang Sumber Daya

Pemborosan tidak benar, tetapi juga tidak boleh menjadi pelit dan kikir. Seorang Muslim sejati berkomitmen untuk gaya hidup yang seimbang. Uang harus diperoleh dengan cara yang halal dan harus dibelanjakan dengan cara yang benar.

Prinsip ini dapat diterapkan pada semua sumber daya yang diberikan Allah kepada kita. Penggunaan sumber daya secara bijaksana dan hati-hati merupakan komitmen yang sangat penting dari umat Islam.

5. Merawat Anak dengan Baik

“Jangan bunuh anak-anakmu, karena takut jatuh miskin, Kami akan memberi mereka rezeki dan untukmu. Lihat! membunuh mereka adalah dosa besar. (17:31)

Sebagaimana kita mengakui hak-hak orang tua, kita juga harus mengakui hak-hak anak. Anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita harus melihat bahwa kita membesarkan anak-anak yang sehat, cerdas dan bertanggung jawab secara moral.

Komitmen kita seharusnya membesarkan mereka di lingkungan yang aman dan sehat. Kita harus melindungi hidup mereka serta jiwa dan pikiran mereka, moral dan sopan santun mereka.

6. Menghindari Perzinahan dan Hubungan Gelap

Islam mengajarkan seseorang tidak boleh mendekati perzinahan atau percabulan. Ini berarti aturan berpakaian yang tepat untuk pria dan wanita, perilaku yang pantas dalam masyarakat campuran, dan kontrol yang tepat atas hubungan sosial dan hiburan.

7. Menghormati Setiap Kehidupan dan tidak Membunuh Siapapun

Setiap Muslim harus berkomitmen pada jalan damai dan konflik harus diselesaikan dengan dialog dan negosiasi, bukan dengan pembunuhan. Namun, keadilan harus tetap dipertahankan karena hukuman yang adil membawa keselamatan dan melindungi kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement