Sabtu 02 Apr 2022 05:40 WIB

Perjanjian Hudaibiyah dan Momentum Peradaban Islam

Perjanjian Hudaibiyah memegang tempat penting dalam sejarah Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Hudaibiyah
Foto:

Ketika kaum Quraisy mengirim pasukan sekitar 200 orang, mereka bertemu dengan kaum Muslim dan ditawan. Setelah itu, orang-orang Makkah berusaha berdamai. Setelah diskusi panjang, kesepakatan akhirnya muncul.

Pasal-pasal perjanjian

Nabi Muhammad dan utusan orang Mekah, Suhail bin Amr, menyepakati pasal-pasal sesuai Perjanjian Hudaibiyah:

 1. Akan ada gencatan senjata antara kedua pihak dan tidak ada pertempuran selama 10 tahun ke depan.

 2. Setiap orang atau suku yang ingin bergabung dengan Nabi Muhammad dan membuat perjanjian dengannya akan bebas melakukannya.  Demikian pula, setiap orang atau suku yang ingin bergabung dengan Quraisy dan membuat kesepakatan dengan mereka akan bebas melakukannya.

 3. Jika ada orang Makkah yang pergi ke Madinah, maka kaum Muslimin akan mengembalikannya ke Makkah, tetapi jika ada Muslim dari Madinah yang pergi ke Makkah, dia tidak akan dikembalikan.

 4. Jika ada pemuda, atau orang yang ayahnya masih hidup, pergi kepada Muhammad tanpa izin dari ayah atau walinya, dia akan dikembalikan kepada ayah atau walinya. Tetapi jika ada orang yang pergi ke Quraisy Makkah, dia tidak akan dikembalikan.

 5. Tahun itu, umat Islam akan kembali tanpa memasuki Makkah. Namun tahun berikutnya, Nabi Muhammad dan para pengikutnya bisa memasuki Makkah, menghabiskan tiga hari di sana dan menunaikan umrah.

Kesepakatan itu pada awalnya tampak seperti perkembangan negatif bagi umat Islam. Akan tetapi kemudian ternyata menjadi kemenangan besar.

Meskipun perjanjian itu, yang ditandatangani di perbatasan Hudaibiyah, pertama kali ditanggapi dengan kesedihan oleh para sahabat Nabi Muhammad, perjanjian itu kemudian membuka jalan bagi keuntungan yang signifikan, karena orang-orang Makkah telah secara resmi mengakui kaum Muslim.

Umat ​​Islam sama-sama diperbolehkan bersekutu dengan suku-suku lain. Selama 10 tahun gencatan senjata dengan orang-orang Makkah memberikan kesempatan unik untuk menyebarkan Islam dan menghadapi saingan mereka di bagian lain semenanjung, seperti menaklukkan benteng Yahudi di Khaibar. 

Di tengah lingkungan yang damai, jumlah umat Islam mulai meningkat. Berkat perjanjian ini, terbukalah jalan untuk penaklukan Makkah, yang terjadi dua tahun kemudian ketika gencatan senjata dipatahkan karena Banu Bakar, sekutu Quraisy, menyerang Bani Khuza'a, yang baru saja menjadi sekutu  Muslim.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement