Kamis 17 Feb 2022 02:19 WIB

Tiga Bajak Laut Muslim Taklukkan Eropa

Tiga bajak laut Muslim yang menaklukan Eropa.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Galley Ottoman yang berbobot ringan.
Foto:

2. Barbaros Hayrettin Pasha

 

Barbaros Hayrettin Pasha, juga dikenal sebagai Hizir Hayrettin dan Hizir Reis, membangun reputasinya bersama, dan terlepas dari saudaranya. Seperti Oruc, musuh utama Hayrettin adalah kekaisaran Spanyol dan kebenciannya terhadap monarki Spanyol tidak diragukan lagi dipicu oleh pengusiran Muslim akibat Reconquista.

 

Keberhasilan angkatan lautnya melawan Spanyol membuatnya menjadi salah satu corsair paling terkenal dalam sejarah. Ini cukup bagi Ottoman untuk menjadikan Hayrettin sebagai laksamana agung angkatan laut mereka.

 

Dedikasi pelaut untuk membalas kekalahan Muslim di Spanyol dan perlakuannya terhadap pengungsi yang diusir dari Iberia membuatnya mendapatkan gelar kehormatan "Hayrettin", dari bahasa Arab Khayr ad-Din yang berarti: “kebaikan iman”.

 

Hayrettin diberi peran sebagai gubernur Aljazair setelah berjanji setia kepada Sultan Ottoman Selim I. Dia kemudian menggunakan wilayah Afrika Utara sebagai pangkalan untuk menyerang kapal-kapal Eropa dan melakukan misi penyelamatan, termasuk mengangkut pengungsi dari Iberia ke Afrika Utara.

 

 Keberhasilannya melawan Spanyol membuatnya mendapatkan reputasi yang cukup bagi Ottoman untuk menuntutnya memimpin pasukan angkatan laut selama konflik dengan Venesia dan Habsburg.

 

 Korsair legendaris memimpin Utsmaniyah meraih kemenangan di Pertempuran Preveza pada 1538. Itu melawan aliansi kekuatan Kristen, yang dikenal sebagai Holy League, yang antara lain mencakup Spanyol, Portugal, Venesia, dan negara-negara Kepausan.

 

 Dia juga penting dalam membangun pemerintahan Turki di Tunisia, serta Aljazair. Di bawah Hayrettin, Ottoman menjadi kekuatan dominan di Mediterania, situasi yang berlangsung lama setelah pensiun di Istanbul pada 1545, di mana ia meninggal setahun kemudian.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement