Jumat 11 Feb 2022 03:20 WIB

Melihat Pengaruh Islam dalam Arsitektur Bangunan Inggris Terkenal

Arsitektur Islam beradaptasi dengan tradisi bangunan lokal Inggris.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Paviliun Brighton adalah salah satu contoh paling mencolok dari arsitektur yang dipengaruhi Muslim di Inggris. Paviliun ini menjadi tempat peristirahatan vila tepi laut untuk Raja George IV yang hobi bersenang-senang ketika dia menjadi pangeran. Melihat Pengaruh Islam dalam Arsitektur Bangunan Inggris Terkenal
Foto:

Katedral Durham

Selanjutnya adalah Katedral Durham yang dibangun pada akhir abad ke-11 hingga awal abad ke-12 dan merupakan contoh arsitektur Norman yang bagus. Katedral ini memiliki elemen gaya arsitektur Andalusia dengan inspirasi langsung dari Istana Jafiriyya di Saragossa di Spanyol Utara dan Masjid Agung Cordoba yang selesai dibangun pada 987.

Banyak katedral di Eropa, pada kenyataannya, menggabungkan fitur-fitur seperti lengkungan batu runcing dan kubah berusuk yang menjulang yang bukan berasal dari Kristen, tetapi dapat ditelusuri kembali ke masjid Islam abad ketujuh di Yerusalem dan Masjid Cordoba.

Kastil Cardiff

Terakhir adalah Kastil Cardiff yang dibangun sekitar abad ke-11 di lokasi benteng Romawi. Ruang Arab ditambahkan ke bangunan bersejarah ini oleh pemiliknya yang bergaya Victoria, John Crichton-Stuart, Marquess of Bute ke-3.

Keahlian arsitek William Burges (1827-1881) digunakan untuk menciptakan ruang yang diilhami Muslim ini. Ia menggunakan desain Moor pada khususnya, serta elemen lain dari dunia Islam.

“Ini hanya beberapa contoh yang terinspirasi oleh arsitektur Muslim, tetapi masih banyak lagi,” ujar Nadia.

Sayangnya, asal-usul Muslim tidak selalu dijelaskan atau didokumentasikan dengan jelas. Padahal ketika kerajaan Muslim berada di Zaman Keemasan, mereka mendominasi panggung dunia dan kekuatan, kekayaan, dan pengaruh mereka sangat luas. Akibatnya, telah terjadi intrik dan daya tarik dengan Timur Muslim, serta persaingan bersejarah.

 

https://www.trtworld.com/magazine/how-islam-shaped-british-architecture-54543

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement