Jumat 11 Feb 2022 03:20 WIB

Melihat Pengaruh Islam dalam Arsitektur Bangunan Inggris Terkenal

Arsitektur Islam beradaptasi dengan tradisi bangunan lokal Inggris.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Paviliun Brighton adalah salah satu contoh paling mencolok dari arsitektur yang dipengaruhi Muslim di Inggris. Paviliun ini menjadi tempat peristirahatan vila tepi laut untuk Raja George IV yang hobi bersenang-senang ketika dia menjadi pangeran. Melihat Pengaruh Islam dalam Arsitektur Bangunan Inggris Terkenal
Foto:

Big Ben

Arsitektur lainnya adalah Big Ben di Westminster yang dianggap sebagai pemandangan yang menakjubkan. Menara yang selesai dibangun pada 1856 itu dianggap terinspirasi oleh Masjid Agung Aleppo yang dibangun pada 1090, tetapi sayangnya dihancurkan oleh perang Suriah pada 2013.

“Big Ben dan Gedung Parlemen dibangun dengan gaya Gotik. Faktanya, lengkungan runcing, lengkungan trefoil, kubah berusuk dan banyak fitur lain yang digunakan dalam arsitektur Gotik, tidak berasal dari Eropa, tetapi berasal dari Timur Muslim. Elemen arsitektur seperti lengkungan trefoil dikreditkan ke kerajaan Muslim sejak abad ke-7,” ujar sejarawan Nadia Khan.

Rumah Leighton

Bukti selanjutnya adalah Rumah Leighton, rumah seorang seniman Victoria yang bepergian secara ekstensif di dunia Muslim dan membangun rumahnya di Holland Park, London. Ia memiliki ruangan di rumahnya yang menakjubkan, yakni Aula Arab yang terinspirasi oleh arsitektur dan motif Islam Timur Tengah.

Dia mengumpulkan ubin dan seni Islam yang paling indah. Ruangan khusus ini terinspirasi oleh Istana La Zisa abad ke-12 di Sisilia, yang juga memiliki akar Arab.

photo
Menara Elizabeth, yang berisi lonceng yang dikenal sebagai Big Ben, berdiri di Westminster, di London, Jumat, 4 Februari 2022. (AP/Alberto Pezzali)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement