Jumat 11 Feb 2022 03:40 WIB

Jika Manusia Diciptakan Berpasangan, Mengapa Ada Orang yang tidak Menikah?

Beberapa orang memilih tidak menikah dengan alasan masing-masing.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jika Manusia Diciptakan Berpasangan, Kenapa Ada Orang yang tidak Menikah?
Foto: Antara/Adeng Bustami
Jika Manusia Diciptakan Berpasangan, Kenapa Ada Orang yang tidak Menikah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT menciptakan makhluk hidup berpasang-pasangan, ada laki-laki dan perempuan. Namun, beberapa orang memilih tidak menikah dengan alasan masing-masing, misalnya meninggal sebelum sempat menikah.

Namun, ada juga orang yang memilih tidak menikah karena alasan tidak cocok atau tidak mau menerima pasangan yang tidak memenuhi kriterianya. Akibatnya, orang-orang seperti itu dapat menolak lamaran demi lamaran hingga ia meninggal.

Baca Juga

Beberapa yang lain tidak menikah karena kondisinya, misalnya, bercerai dan memiliki anak sehingga sulit baginya menemukan pasangan yang juga mampu mencintai anak-anaknya. Sebagian yang lain, menolak menikah karena kekhawatiran berlebih hingga menimbulkan ketakutan, misalnya takut akan perceraian, takut KDRT, dan ketakutan lain sehingga memilih menghindari stres dan menjalani kehidupan lajang.

Faktor lain yang dapat menyebabkan kesulitan dalam menemukan pasangan mungkin masalah seperti infertilitas atau kecacatan. Faktor ini bukan karena tidak ingin menikah melainkan kesulitan menemukan pasangan yang mau menerimanya. 

 

Rasulullah SAW bersabda, “Perkawinan adalah bagian dari sunnahku dan siapa pun yang tidak mengikuti sunnahku bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku akan bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat). Barang siapa yang mampu maka hendaklah dia menikah, dan barang siapa yang tidak mampu, maka dia harus berpuasa karena itu akan menjadi benteng baginya.” (Sunan Ibn Majah)

Dilansir dari About Islam, Kamis (10/2/2022), menikah membawa banyak berkah termasuk memberikan sumber kenyamanan dan perlindungan, serta menjaga diri dari berbuat maksiat. “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu mendapatkan ketenangan di dalamnya; dan Dia jadikan di antara kamu kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir,” (QS Ar-Rum ayat 21).

Bagaimana pun, masalah orang meninggal dalam kondisi lajang bukan karena kesalahan dalam penciptaan Allah, tetapi karena pilihan ia sendiri, baik laki-laki maupun perempuan. Semoga Allah menganugerahkan kepada semua orang yang mencari jodoh shaleh yang akan menjadi kesejukan mata.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement