Kamis 10 Feb 2022 05:26 WIB

Benarkah Memakai Cincin Perak di Bulan Rajab Memiliki Keutamaan?

Rasulullah SAW tidak melarang perempuan dan laki-laki menggunakan cincin perak.

Rep: Mabruroh/Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
 Bermacam batu akik dengan cincin perak.

Dibolehkan juga untuk mengukir atau menulis sesuatu pada sebuah cincin. Tidak ada dasar melakukannya secara khusus di bulan Rajab atau memakai cincin di bulan Rajab dengan keyakinan itu akan mendekatkan seseorang kepada Allah atau bahwa ada keutamaan khusus dalam memakainya selama bulan ini. Ini adalah inovasi dan salah.

“Anda harus berhati-hati menulis apa pun di cincin yang diklaim akan membawa keberuntungan atau menangkal mata jahat, iri hati dan jin, dan sebagainya,” kata Dosen dan penulis Islam terkemuka Saudi, Sheikh Muhammad Saleh Al-Munajjid dilansir dari About Islam.

Pada prinsipnya, tidak ada yang salah dengan memakai cincin dan mengukir barang-barang itu. Yang diharamkan adalah berusaha mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan itu atau memilih waktu tertentu untuk memakainya, mencari berkah melalui cincin, dan menggunakannya sebagai jimat.

Dilansir di About Islam, Ahad (6/2/2022), berikut enam langkah spiritual yang bermanfaat bagi Anda selama bulan Rajab

1. Pikirkan tentang niat 

Langkah pertama pikirkan niat. Anda dapat menerapkannya dengan niat untuk mempersiapkan mental dan fisik menyambut Ramadhan.

2. Cari pengampunan dan maafkan

Tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Semua manusia berdosa. Berusahalah melakukan taubat nasuha dengan tulus. Mohon ampun kepada Allah, agar bisa mengawali Ramadhan dengan hati yang terasa ringan dan cukup kuat untuk beribadah dengan baik. Selain itu, cobalah memaafkan orang lain sehingga hati Anda tidak akan dendam atau sakit hati. Maka, Anda akan bebas untuk menikmati ibadah di bulan Ramadhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement