Sabtu 27 Jan 2024 15:51 WIB

Kisah Bangsa Arab Melepas Ujung Mata Pisau dari Tombaknya di Bulan Rajab

Alquran menyebutkan bulan-bulan yang paling suci dalam Surat At-Taubah ayat 36.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bulan Rajab.
Foto: Republika.co.id
Bulan Rajab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Raja' Al Atharidi, dijelaskan mengenai kisah bangsa Arab terdahulu di masa jahiliyah pada bulan Rajab. Saat itu ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh mereka di bulan Rajab.

Abu Raja' Al Atharidi menyampaikan:

Baca Juga

كُنَّا نَعْبُدُ الْحَجَرَ فَإِذَا وَجَدْنَا حَجَرًا هُوَ أَخْيَرُ مِنْهُ أَلْقَيْنَاهُ وَأَخَذْنَا الْآخَرَ فَإِذَا لَمْ نَجِدْ حَجَرًا جَمَعْنَا جُثْوَةً مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ جِئْنَا بِالشَّاةِ فَحَلَبْنَاهُ عَلَيْهِ ثُمَّ طُفْنَا بِهِ فَإِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَجَبٍ قُلْنَا مُنَصِّلُ الْأَسِنَّةِ فَلَا نَدَعُ رُمْحًا فِيهِ حَدِيدَةٌ وَلَا سَهْمًا فِيهِ حَدِيدَةٌ إِلَّا نَزَعْنَاهُ وَأَلْقَيْنَاهُ شَهْرَ رَجَبٍ

"Dulu kami menyembah batu. Jika kami mendapatkan batu yang lebih baik, maka kami melemparkannya dan mengambil yang lain. Dan bila kami tidak menemukan batu, kami mengumpulkan segenggam tanah, lalu kami bawakan seekor kambing kemudian kami peraskan susu untuknya. Lalu kami thawaf dengannya. Bila datang bulan Rajab, kami mengatakan, 'Tidak ada peperangan' (Munshil Al Asinnah), sehingga kami tidak membiarkan tombak maupun panah yang tajam kecuali kami cabut dan kami lemparkan sebagai pengagungan terhadap bulan Rajab." (HR. Bukhari)

 

BACA JUGA: Membiasakan Diri Berpuasa Sekaligus Panen Pahala Saat Rajab

Imam Al Qurtubi dalam kitab tafsirnya, memaparkan, bangsa Arab terdahulu biasa menyebut bulan Rajab dengan Munshil Al Asinnah. Secara harfiah ini bermakna 'mengeluarkan dari tempatnya'.

Bulan Rajab disebut dengan Munshil Al Asinnah, sebab, ketika bulan Rajab datang, orang-orang Arab kala itu melepas ujung mata pisau pada tombak dan anak panah. Tujuannya meniadakan peperangan selama bulan tersebut. Juga menghilangkan berbagai bentuk perselisihan karena larangan berperang di bulan Rajab.

Karena itu, Rajab juga disebut sebagai bulan Haram. Rajab adalah salah satu dari empat bulan Haram, yaitu bulan yang di dalamnya diharamkan terjadi pertumpahan darah. Ini adalah sesuatu yang telah diketahui sejak lama.

Alquran menyebutkan bulan...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement