Kamis 03 Feb 2022 11:49 WIB

Makna Ta Ha dan Keistimewaan Alquran

Ayat-ayat berupa huruf Muqatta'at itu sekaligus menjadi keistimewaan Alquran.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Penduduk Desa di Irak Simpan Alquran Berusia 700 Tahun
Foto:

Akan tetapi menurut ustaz Syahrullah terdapat juga mufasir yang menafsirkam bahwa Ta Ha adalah nama lain dari Nabi Muhammad ﷺ. Sebab dalam sebuah shalawat, nabi Muhammad ﷺ juga disebut dengan Ta Ha, dan Ya Sin . Tapi ada mufasir yang berpendapat bahwa Ta Ha itu adalah Muhammad. Argumentasi ini berdasarkan melihat ayat sebelum ayat 1 surat Ta Ha, yakni surat Maryam ayat 98 dan sesudah ayat 1 surat Ta Ha, yakni ayat 2 surat Ta Ha. Kedua ayat tersebut merujuk pada nabi Muhammad ﷺ. 

Lebih lanjut ustaz Syahrullah menjelaskan pada ayat kedua surat Ta Ha dijelaskan bahwa Alquan itu diturunkan bukan untuk mempersulit atau membuat susah. Allah berfirman 

مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَىٰ 

"Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar kamu menjadi susah,"(surat Ta Ha ayat 2). 

Ustaz Syahrullah menjelaskan Alquran ketika diturunkan tidak langsung sekaligus tapi bertahap sehingga tidak menyulitkan nabi dalam menyampaikan pesan-pesan Alquran kepada manusia. Dengan Alquran datang bertahap juga mempermudah bagi para sahabat menghafalnya. Ini juga menjadi prinsip bagi umat nabi Muhammad dalam beragama agar melalui proses sedikit demi sedikit. 

"Alquran ini baik dari bentuknya, maupun substansinya itu sangat menyenangkan dan sangat mudah. Isinya tidak ada yang mempersulit," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement