Jumat 28 Jan 2022 00:15 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Pribadi yang Menggembirakan

Orang yang menggembirakan orang lain haram disentuh api neraka.

Sejumlah anak mengikuti kegiatan terapi tertawa di yayasan Rumah Amalia, Kota Tangerang, Banten, Senin (19/10/2020). Kegiatan terapi tertawa yang dilakukan setiap hari tersebut guna memulihkan trauma anak yatim dan anak dari kaum dhuafa dan menjadi peningkat imun tubuh di tengah pandemi COVID-19. Naskah Khutbah Jumat: Pribadi yang Menggembirakan
Foto:

Kaum Muslimin Rahimakumullah

Keuntungan yang kedua bagi orang yang bisa membuat gembira orang lain ialah, Allah akan menghilangkan kesulitannya pada hari kiamat, meringankan segala urusannya di dunia dan akhirat serta senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah SwT, Rasulullah saw bersabda:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعَسِّرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِيْ الدُّنْيَا وَالآَخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمَاً سَتَرَهُ اللهُ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَاللهُ فِيْ عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ…   (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah ra dia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menghilangkan satu kesulitan seorang mukmin yang lain dari kesulitannya di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan pada hari kiamat. Barangsiapa yang meringankan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan meringankan baginya (urusannya) di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah  akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut mau menolong saudaranya... (HR. muslim).

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement