Senin 17 Jan 2022 06:05 WIB

Agar Anak-Anak Mencintai Rasulullah Sejak Dini

Ada banyak cara mengenalkan sosok Nabi Muhammad SAW kepada anak-anak

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Memutar video kisah nabi juga merupakan cara untuk mengajari anak-anak tentang Nabi. Ada banyak video kisah bagus untuk anak-anak kemudian orang tua dapat menjeda video dan mengajukan pertanyaan kepada anak-anak Anda yang berkaitan dengan video yang didengar. Contohnya adalah “Menurut Anda bagaimana rasanya ketika putra Nabi Muhammad, yakni Ibrahim lahir”?

Ini bisa dikaitkan dengan perasaan ketika orang tua melahirkan anaknya. Sehingga menciptakan pengalaman yang lebih nyata dan hidup. 

Kemudian cara lain adalah ajak anak untuk shalat subuh berjamaah bersama orang tua. Ajari mereka untuk berzikir dan membaca bagian terakhir dari surah Al-Imran sebelum shalat subuh dan menjelaskan kepada mereka bahwa Nabi Muhammad melakukan ini dan alasannya. 

"Meskipun mungkin ada sedikit kegelisahan dan kelelahan pada awalnya karena bangun lebih awal, ada baiknya mengajari mereka saat mereka masih muda, karena seiring bertambahnya usia mereka akan menjadi terbiasa untuk melakukan hal ini,"ujar dia.

 

Menanamkan kecintaan pada bacaan dan zikir adalah bagian dari menanamkan kecintaan kepada Nabi (SAW) karena ini adalah hal-hal yang juga disukainya. Juga ajari mereka adab Nabi lainnya seperti saat makan, tidur, masuk rumah dan sebagainya. Dengan mengajari mereka sunnah Nabi (SAW) sama dengan orang tua yang sedang mengajari mereka cinta kepada Nabi nya.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement